Mabung pada burung kenari

3/29/2014
Masa mabung atau moulting merupakan siklus alami yang akan terjadi pada burung kicauan termasuk burung kenari. Pada masa-masa itu, bulu lama yang sudah kering dan rusak akan digantikan dengan bulu-bulu baru. Periode tersebut merupakan saat yang paling penting bagi burung peliharaan, jadi tugas kita adalah memberikan perhatian ekstra pada burung yang sedagn mengalami masa mabungnya.




Selama masa mabung tersebut, burung sebaiknya diberikan kesempatan untuk beristirahat, dan jangan terlalu dibiarkan terus menerus berbunyi. Burung yang selalu dibiarkan selalu aktif dan berbunyi ( akibat EF lebih atau dilombakan), maka energi yang seharusnya digunakan untuk merontokkan atau menumbuhkan bulu akan habis oleh aktivitas dan kicauannya.  

Pada masa mabung ini, hal terbaik adalah membiarkan burung dalam kondisi ngedrop, sehingga mereka akan bisa melewatkan masa mabungnya dengan cepat, dan sempurna. Selain itu, memberikan pakan yang tepat ( penuh nutrisi dan bergizi tinggi) serta multivitamin tambahan seperti BirdMineral bisa membatu burung melewati masa mabung yang sebenarnya cukup menyakitkan bagi mereka.

Burung dalam proses pergantian bulu ini membutuhkan banyak energi dan protein dalam pola makannya dan juga yang mengandung sumber protein yang baik.  Bulu bulu ini membutuhkan banyak protein untuk bisa tumbuh dan sehat, sehingga dengan menyediakan makanan burung yang tepat akan mampu membantu burung dalam mengatasi masa mabungnya tersebut. 


Pola makan yang baik bisa berupa telur rebus yang harus selalu disediakan selama burung dalam keadaan sedang mabung. juga pemberian mandi yang cukup bisa diberikan untuk membantu mengurangi gatal dari pertumbuhan selubung bulu sehingga akan mudah bagi mereka untuk tumbuh tanpa menyebabkan rasa sakit pada burung anda.

Semoga bermanfaat

Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close