Mengenal kenari Japan Hoso

3/11/2014
Bagi anda yang baru mendengar kenari jenis Hoso Jepang atau Japan Hoso, kenari ini merupakan kenari silangan yang dilakukan para penangkar kenari di Jepang dengan menyilangkan kenasi Scoth-Fancy dengan kenari lokal mereka. Pada awalnya para penangkar ini ingin menciptakan varietas Kenari Postur yang lebih baru dan akhirnya dikenal dengan nama Japan Hoso.
 


Pada masa-masa pertama kehadirannya, kenari Japan Hoso ini sempat dianggap sebagai Kenari Scoth-Fancy Mini yang merupakan persilangan antara kenari bengkok Belgia dengan Kenari dari Munich (Jerman). 

Di pasaran sekarang sudah banyak beredar kenari jenis Japan Hoso ini, namun agar anda tidak mudah tertipu dengan jenis kenari lainnya, berikut ciri-ciri khusus dari kenari Japan Hoso yang asli : 
  • Karakter tubuh kenari Japan Hoso membungkuk seperti bulan sabit dengan bentuk ekor yang selalu melintang dibawah tangkringannya
  • Kepalanya terlihat kecil, dengan bentuk yang semi bundar dan leher mereka yang tipis dan panjang. 
  • Ukuran tubuh rata-rata dari kenari Japan Hoso adalah sekitar 11-11,5 cm. 

Perhatikan bentuk tubuh yang seperti bulan sabit serta gaya berdirinya yang khas dengan ekor yang selalu menghadap ke depan

Kenari Japan Hoso merupakan kenari yang sangat bagus untuk dijadikan burung indukan, lantaran kemampuan mereka yang tidak mengenal kata lelah dalam merawat dan memberi makan anak-anaknya dalam waktu yang bersamaan. 

Di negara asalnya sendiri, yaitu di Jepang , Kenari jenis ini banyak dibudi dayakan karena kemudahannya dalam berkembang biak serta perawatannya juga merupakan burung yang sangat produktif. 

Kenari Japan Hoso termasuk kenari tipe Postur sehingga tidak membutuhkan perawatan tambahan seperti melatih lagu atau pun memasternya. Suara kicauan mereka memang tidak jauh berbeda dengan jenis kenari lokal kebanyakan.

Semoga bermanfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close