Burung murai air, masteran alternatif burung kicauan

4/15/2014
Sibia ekor panjang (Heteropahasia picaoides) atau kita mengenalnya sebagai burung murai air, air mancur, murai besi, dan murai laut adalah burung yang termasuk dalam keluarga Timaliidae. Di Indonesia, burung ini banyak dipelihara terutama sebagai alternatif masteran burung kicauan, lantaran suara kicauannya yang dianggap layak untuk melatih burung  kicauan jenis lainnya.


burung murai air mancur

Murai air bisa ditemukan di Indonesia, Malaysia, Bhutan, China, Laos, Myanmar, Nepal, Thailand dan Vietnam. Habitat mereka adalah hutan tropis dan subtropis mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Penampilannya seperti murai batu terlebih dengan ekornya yang panjang, hanya warna bulunya saja yang berbeda, burung murai air didominasi warna abi-abu dengan sayap hitam dan plek putih, serta arna putih yang terdapat pada ujung ekornya.

Meski burung murai air ini termasuk burung yang kurang banyak diminati, namun suara kicauannya yang rapat sering dijadikan sebagai burung masteran bagi burung peliharaan lainnya seperti murai batu, cucak hijau, dsb.

Perawatan burung murai air

Sebagai burung masteran, baik burung jantan atau burung betina sama-sama bersuara. Namun untuk membedakan jenis kelamin mereka tentu cukup merepotkan karena selain sama - sama memiliki kemiripan, warna keduanya pun hampir serupa.


beda murai air jantan betina
Jantan dan betina sama-sama memiliki kemiripan

Dalam perawatan hariannya, murai air harus selalu diberikan dengan EF (Extra Fooding) seperti jangkrik, ulat hongkong, kroto, dsb agar burung tersebut mau rajin berbunyi. Selain itu pemberian mandi bisa dibuat lebih rutin, sebagaimana burung ini yang sangat menyukai mandi, sedangkan penjemuran bisa dilakukan secukupnya saja (tidak lebih dari 1 jam). 

Murai air termasuk burung yang mudah bersuara, bahkan jika ketakutan pun mereka akan mengeluarkan suara khasnya. Namun, jika burung murai air ini sudah dalam kondisi jinak dan rain berbunyi, maka harga jual mereka bisa lebih tinggi dari harga pasaran .

Berikut suara kicauan burung murai air yang bisa anda download di sini: 


Semoga bermanfaat



Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close