Kakatua maluku burung endemik yang dilindungi

4/10/2014
Kakatua maluku atau cacatua moluccensis ( Salmon-crested cockatoo) adalah burung kakatua endemik dari Kepulauan Seram dan Maluku di wilayah Indonesia Timur, Kekuatan paruh dari burung kakatua maluku ini mencapai berat 2000 Kg sehingga mampu memecahkan kulit kelapa yang keras.

Burung kakatua maluku termasuk salah satu burung dari jenis paruh bengkok yang sangat dilindungi karena keberadaannya di habitat yang sudah terancam dan semakin langka, seperti tercantum dalam lampiran 1 CITES sejak tahun 1989 dan peraturan UU pemerintah mengenai perlindungan beberapa jenis burung yang termasuk langka.

Ciri khusus dari kakatua maluku adalah jambulnya yang khas yang berwarna merah jambu yang bisa ditegakan, yang menarik adalah karakter yang ditunjukan saat burung ini menegakan jambulnya bisa dikenali sebagai tanda :
  • Burung ini sedang mencari perhatian pasangannya.
  • Burung kakatua yang sedang mencoba mempertahankan wilayah atau kelompoknya.
  • Burung yang sedang memanggil anggota kelompoknya.
  • Burung yang sedang mengeskpresikan keingin-tahuan / rasa penasarannya.
  • Burung yang sedang mengeskpresikan rasa senang atau gembira, kaget, frustasi atau takut.
  • Burung kakatua yang sedang menegakan jambulnya ini lebih baik dihindari untuk didekati karena resiko digigit, bayangkan saja kekuatan tenaga paruh burung kakatua ii sanggup memecah buah kelapa dengan mudah.

Tetapi jika jambul sedang diturunkan maka karakter dari burung tersebut menunjukan keramahan, ketenangan dan bisa di ajak main oleh kita.

Perbedaan jantan dan betina 


 
Membedakan antara burung kakatua jantan dengan betina dari kakatua maluku ini sangat mudah, yaitu dengan melihat warna matanya dimana burung jantan akan memiliki warna mata coklat atau hitam gelap sedangkan burung betina dewasa memiliki warna coklat kemerahan, hal ini bisa terlihat dengan jelas jika kita menyenter matanya dengan lampu senter yang kecil.

Menangkarkan burung kakatua maluku


Menangkarkan paruh bengkok sejenis kakatua maluku ini tidaklah sesederhana seperti kedengarannya, dan mengembang biakan burung jenis ini merupakan salah satu keputusan yang bisa dilakukan setelah melalui banyak penelitian dan pencarian informasi dengan peternak yang berpengalaman. 

Hal tersebut karena burung yang akan anda tangkarkan ini merupakan burung endemik yang dilindungi. jadi sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan burung selama dalam kondisi di kandang penangkarannya .

Jika anda sudah siap dengan beberapa hal seperti pengurusan ijin penangkaran, biaya, waktu, akses mudah ke dokter hewan, penjaga ataupun pembantu untuk mengurus penangkaran dan segala hal yang berkaitan dengan perawatan seperti ketersediaan obat-obatan dan juga kandang karantina khusus. 


Setelah semua sudah tersedia maka berarti anda sudah siap untuk menangkarkan burung jenis ini, yang cara penangkarannya akan kita ulas pada artikel berikutnya. 

Semoga bermanfaat
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus