Manfaat latihan bersama pada pleci

4/22/2014
Merawat burung pleci agar lebih cepat bersuara keras atau buka paruh, tentu tidak terlepas dari pemberian pakan harian yang mengandung tinggi protein. Namun, selain itu ternyata ada satu hal yang tidak kalah pentingnya dalam perawatan pleci, yaitu latihan bersama penggemar pleci lainnya, atau dikenal dengan istilah "Chai" atau "Gathering".  Lalu apa sebenarnya manfaat dari latihan, Chai atau Gathering ini? 

Koloni pleci yang dipimpin oleh pemimpinnya yang paling depan


Seperti diketahui bersama , semua jenis burung pleci adalah burung koloni. Mereka kerap terlihat selalu bersama-sama dengan pleci lainnya dalam jumlah banyak ketika mencari makanan. Terkadang pula ada salah satu pleci yang tampak menjadi pemimpin regu, atau semacam kepala suku, nah pleci inilah yang berhak menentukan kearah mana mereka akan mencari makanan. 

Bagi pleci yang biasa dirawat sendirian, begitu mereka melihat keberadaan pleci lain (pleci liar) di sekitar sangkarnya, maka mereka akan menunjukkan sikap senang dengan berlompatan dalam sangkarnya, namun begitu pleci tersebut berada di antara banyak pleci lain disekelilingnya, maka ia akan mengeluarkan suara terkerasnya untuk menunjukkan keberadaan dan kemampuannya, agar diterima dalam koloni tersebut. 

Oleh karena itulah, bagi anda yang ingin pleci miliknya cepat bersuara lebih lantang sehingga mempercepat kondisi buka paruh, maka biasakan untuk mengajak pleci anda latihan bersama dengan penggemar pleci lainnya.  Jika rutin dilakukan maka pleci anda akan lebih cepat pada kondisi buka paruhnya. 

Selain itu faktor lain yang turut membantu proses buka paruh pada pleci adalah: Kebersihan sangkar, Makanan, dan Mandi ( Semakin sering mandi , pleci akan semakin rajin berbunyi ).

Berikut beberapa manfaat terkait latihan bersama / Chai / Gathering pada pleci: 

  1. Burung akan memberikan penampilan terbaiknya ketika berjumpa dengan burung lainnya dalam jumlah banyak.
  2. Burung akan belajar , baik dengan mendengarkan saja (merekam suara pleci lain yang menurutnya bagus), atau belajar untuk melakukan seperti pleci lain yang dianggapnya terbaik (berguru pada pleci lain).
  3. Burung akan tergoda atau terprovokasi, atau juga merasa tertantang sehingga burung akan mencapai penampilan puncak (Top Form) mereka.

Semoga bermanfaat



Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close