Perawatan mabung pada burung cendet

4/07/2014
Merawat burung cendet yang sedang mabung tidak jauh berbeda dengan perawatan burung kicauan jenis lainnya, hanya saja di sini kita lebih berfokus pada pakan hariannya. Hal tersebut agar proses mabung bisa berjalan dengan serentak atau mabung total, sehingga proses mabung ini bisa berjalan lebih sempurna dan tanpa gangguan.




Secara umum tanda-tanda burung cendet akan memasuki masa mabungnya, bisa diperhatikan dari beberapa kondisi sebagai berikut: 
  • Burung yang mulai jarang berkicau atau berhenti berkicau sama sekali. 
  • Bulu-bulu burung yang mulai kering dan mudah rusak.
  • Adanya bulu-bulu halus yang berserakan di dasar sangkar hariannya.
Jika anda melihat kondisi seperti tersebut di atas, maka persiapkanlah untuk mulai memberlakukan perawatan mabung pada burung anda. 

Perawatan mabung pada burung cendet bisa dimulai dengan menambahkan pakan / voer ayam broiler (BR 1) ke dalam voer yang biasa diberikan pada burung, dengan perbandingan 50:50 saja.

Selain itu, pemberian pakan tambahan seperti ulat hongkong bisa diberikan lebih banyak dari biasanya, contohnya ulat hongkong diberikan sebanyak 5-10 ekor pada pagi dan sore hari. 

Kroto bisa diberikan setiap hari sebanyak satu sendok makan.

Vitamin seperti BirdVit wajib diberikan untuk membantu burung melewatkan masa mabungnya dan terhindar dari mabung stress. 

Full kerodong bisa dilakukan pada tahap-tahap awal proses mabung burung. 

Pemberian mandi dan jemur untuk sementara dihentikan selama bulu-bulu burung masih berjatuhan atau rontok bulu. Setelah burung mulai menumbuhkan bulu baru maka porsi mandi bisa diberikan lebih banyak dari biasanya, misalnya dua - tiga kali sehari. 

Hindari mempertemukan dengan burung sejenis, agar burung tidak terlalu mengeluarkan energi yang tidak perlu. 

Dengan perawatan yang rutin, masa mabung burung cendet akan berjalan lebih cepat dan tanpa gangguan, sehingga dalam dua - tiga bulan , bulu-bulu baru sudah tumbuh kembali, Sehingga burung bisa kembali tampil lebih maksimal. 

Semoga bermanfaat, dan Salam Kicau!










Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
April 23, 2014 at 2:09 PM delete

misi om mau nanya, biasanya berapa lama waktu yang di butuhkan agar burung Cendet bisa kembali normal lagi dalam berkicau

Reply
avatar
kicau senja
AUTHOR
August 14, 2015 at 8:29 PM delete

Memperkenalkan

Ekstra fooding alternatif pengganti jangkrik dan ulat hidup untuk burung cendet. Praktis, lebih higienis, telah teruji kandungan nutrisinya dan terbukti di sukai oleh burung cendet. Klik link di bawah ini untuk detailnya

Ekstra fooding alternatif pengganti jangkrik dan ulat hidup untuk burung cendet

Reply
avatar

Komentar spam akan langsung kami hapus