Resep agar burung trucukan rajin bunyi

4/25/2014
Seperti halnya burung pleci, burung trucukan atau jog-jog dikenal sebagai burung dengan penggemar paling banyak di Indonesia terutama di Jawa Barat. Burung trucukan selain murah meriah, dari segi perawatannya pun cukup mudah. Dan yang paling menarik di sini adalah fakta bahwa burung trucukan memiliki nasib yang lebih beruntung dibanding burung kutilang yang cenderung dimusuhi oleh sebagian penggemar burung kicauan.  Terlepas dari hal tersebut, burung trucukan memang memiliki gaya dan kicauannya yang khas.

Trucukan macet bunyi






Dulu ketika burung cucak rawa masih menjadi burung yang banyak dicari dan dipelihara oleh kicaumania Indonesia, burung trucukan pun kerap dicari untuk melatih burung cucak rawa mereka. Burung trucukan, kerap digunakan untuk melatih suara burung cucak rawa agar memiliki suara yang ngeropel. 
  
Suara ropelan burung trucukan memang sedikit mirip dengan suara burung cucak rawa. Karena itu pula burung trucukan yang rajin mengeluarkan suara ropelannya sering dihargai dengan harga yang tinggi. Apalagi jika burung tersebut berani mengeluarkan gaya khasnya yaitu buka sayap seperti burung garuda, atau ngegaruda. 

Pada kali ini, agrobur akan mengajak anda untuk membuat pakan racikan yang bisa merangsang burung trucukan anda untuk lebih sering mengeluarkan suara ropelannya. 

Mari kita simak bagaimana dan apa saja bahan-bahan yang diperlukan: 

Bahan yang diperlukan : 

  • 1/2 butir buah apel yang masih segar
  • Dua sendok makan kroto bersih 

Cara pembuatan: 
  • Apel diparut hingga menjadi butiran halus, lalu disaring dan airnya dibuang. 
  • Ampas dari hasil saringan tersebut dicampur dengan kroto hingga bercampur merata.
  • Ambil secukupnya lalu berikan pada burung , sedangkan sisanya bisa disimpan dalam lemari pendingin untuk digunakan kembali. 

Semoga dengan memberikan pakan racikan ini, burung trucukan tadinya jarang berbunyi atau macet bunyi, menjadi berambah rajin dan mau mengeluarkan suara ropelannya yang khas .


Selamat mencoba dan salam Kicau! 

 
Tag: Merawat burung trucukan, burung trucukan macet bunyi, membuat gacor burung trucukan, membuat burung trucukan garuda, suara ropel burung trucukan, membuat trucukan bersuara ropel, cara merajinkan trucukan, agar trucukan rajin bunyi, makanan untuk burung trucukan,

 
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close