5 hal penting dalam menangkarkan burung lovebird

5/19/2014
Meski cukup populer dan banyak dipelihara untuk tujuan ditangkarkan, namun masih banyak penggemar burung yang sedang mencoba menangkarkan burung lovebird nya memiliki kendala ketika menangkarkan burung lovebird nya. Kendala yang muncul biasanya berupa burung indukan betina yang tidak mau bertelur, indukan yang kurang birahi serta indukan yang tak kunjung bertelur. 
 
 

Untuk itu, silahkan cermati 5 hal berikut ini yang bisa membantu mengatasi masalah dan kendala dalam menangkarkan burung lovebird anda. 

1. Menempatkan pasangan lovebird lain di satu ruangan
Tempatkan pasangan lovebird lain dalam satu ruangan, atau jika anda ingin menangkarkan burung lovebird dan jika kebetulan memiliki beberapa pasang burung yang akan diternakkan, sebaiknya tempatkan mereka bersama-sama dalam satu ruangan / kamar. Dengan begitu, suara dari pasangan lovebird lain yang sedang kawin atau bertelur secara langsung dapat memancing indukan betina yang lain untuk kawin dan bertelur juga.

2. Memasang lampu Full Spektrum 
Memasang lampu Full Spektrum cukup lazim dalam penangkaran dan perawatan burung lovebird di seluruh dunia. Cahaya lampu ini memberikan cahaya yang mirip dengan cahaya matahari sehingga burung akan merasa nyaman yang bisa mempercepat mereka untuk bertelur. Secara umum Lampu Full Spektrum memiliki suhu warna 5500 K (Kelvin), suhu warna yang demikian memiliki banyak manfaat bagi burung termasuk kesehatannya. Bahkan lampu ini bisa menggantikan cahaya matahari yang digunakan untuk menjemur burung, sehingga dengan begitu burung tidak perlu dibawa keluar ruangan dan tetap hanya di dalam ruangan. 

3. Mengganti pakan lovebird
Lovebird betina yang tak kunjung bertelur bisa disiasati dengan perubahan menu makanannya. Sebagai contoh, berikan makanan yang dapat memicu hormon lovebird betina agar cepat bertelur. Beberapa makanan yang kami sarankan antara lain tauge, biji kwaci, kangkung, atau tulang sotong.

4. Memasang kotak sarang / Glodok
Kotak sarang atau biasa disebut glodok adalah tempat di mana lovebird akan bertelur dan mengerami telurnya. Untuk itu anda harus memperhatikan ukuran gelodok dan tata letak yang tepat agar lovebird betina cepat bertelur. Untuk ukuran kotak sarang / gelodoknya, usahakan tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Buatlah ukuran yang pas yang sesuai ukuran lovebird itu sendiri. Lubang pintu jangan terlalu lebar, tapi sesuaikan dengan ukuran lovebird. Untuk luas bagian dalamnya, jangan terlalu luas namun jangan terlalu sempit. Serutan kayu di dalam kotak setebal 2,5 cm saja, karena lovebird biasanya akan menyusun sarangnya kembali. 
 
5. Menambah suplemen pada burung yang sedang ditangkarkan.
Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah pemberian suplemen bagi burung. Pemberian suplemen ini banyak dianggap sebagai sesuatu yang tidak begitu penting/ wajib, padahal sebenarnya jika kita ingin mendapatkan burung dalam kondisi fisik, birahi dan kesehatan yang baik maka kita tidak bisa hanya mengandalkan dari segi makanannya saja. Karena seperti kita tahu, apa yang kita berikan pada burung setiap harinya hanya itu-itu saja, alias tidak bervariasi sebagaimana di alam liar. Karena itulah pemberian suplemen secara tidak langsung merupakan satu hal yang cukup penting terutama bagi burung yang sedang ditangkarkan. 
 
Selain memperbaiki metabolisme, pemberian suplemen juga bisa meningkatkan kondisi birahi dari burung dan meningkatkan peluang keberhasilan dari telur menetas, mencegah indukan mengalami kondisi egg binding atau telur mengikat dan menjaga kesehatan anakan lovebird yang baru menetas.
 
Itulah 5 hal yang sebaiknya anda pertimbangkan sebelum memulai menangkarkan burung lovebirdnya. 
 
Semoga bermanfaat dan SALAM KICAU!
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close