Burung nightingale si biduanita malam yang menginspirasi

5/29/2014
Burung nightingale, si biduanita malam, secara umum banyak dikagumi karena suara merdu dan unsur mistis didalamnya. Burung yang memiliki penampilan sebagaimana burung bulbul ini sering dianggap sebagai burung yang sangat romantis. Sebutan yang khusus  untuk memuji suaranya yang indah, kreativitas dan penyanyi yang spontan. Karena itu pula burung ini kerap menjadi inspirasi bagi para penyair dan musisi dunia.

Burung nightingale


Para penyair terkemuka dunia seperti John Keats dan Shelley sering memuji burung ini dalam puisi-puisi buatan mereka. Burung nightingale adalah burung yang aktif sejak fajar menyingsing, bahkan pada malam harinya suara kicauan mereka bisa menjadi lebih kencang lagi.


Sayang keindahan dan kemerduan suara burung nightingale ini tidak akan pernah kita temukan di Indonesia, karena secara global penyebaran terbesar burung nightingale ini hanya ada di Inggris, sehingga burung ini kerap disebut sebagai burung Inggris. Seperti kutiliang, burung nightingale merupakan burung yang umum dan banyak ditemukan di hutan-hutan, taman-taman dan pekarangan rumah.  

 
Beberapa spesies dari burung ini juga banyak tersebar di Portugal, Spanyol, Persia, Austria Hungaris dan Afrika. Bahkan burung jenis bulbul pun dijadikan sebagai burung nasional dari negara Iran. 

Seperti kebanyakan jenis burung lain dari keluarga bulbul, makanan utama dari burung ini adalah buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan. Namun ketika makanan tersebut sulit didapatkan maka mereka akan mencari serangga sebagai makanannya.  

Berikut adalah audio dan video dari burung nightingale



Untuk mendownload suaranya silahkan klik di sini | DOWNLOAD

Semoga bermanfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close