Kriteria dan memilih burung branjangan yang baik

5/04/2014
Bagi banyak penggemar burung kicauan di Indonesia, burung branjangan adalah burung yang unik, suara tembakannya cukup kencang dengan memuntahkan suara isiannya. Selain itu, burung branjangan juga memiliki gaya terbang yang unik sewaktu berkicau, yaitu hoovering atau terbang secara vertikal. Itu pula sebabnya kenapa sangkar branjangan berbeda dengan sangkar dari jenis burung kicauan lainnya.  




Mencari burung branjangan dengan kemampuan tersebut memang cukup sulit, terlebih jika dilakukan oleh pemula yang sama sekali buta informasi mengenai burung branjangan.Dan pada kali ini agrobur akan memberikan sedikit informasi mengenai bagaimana memilih burung branjangan serta bagaimana kriteria dari burung branjangan yang baik.

Beberapa cara yang bisa dilakukan ketika berniat membeli burung branjangan yang masih dalam kondisi bakalan adalah sebagai berikut: 


  • Memperhatikan bentuk fisik atau postur burung secara keseluruhan baik dari bentuk paruh, kepala, leher, dada, kaki, ekor dan tubuh panjangnya. Hal-hal tersebut dikenal dengan istilah katuranggan yang artinya memperhatikan tanda-tanda khusus atau tanda tertentu pada waktu memilih burung branjangan bakalan. 
  • Pilih burung dengan bulu yang tampak lembut.
    Pilih burung yang memiliki tubuh proporsional yaitu tubuh tidak terlalu panjang atau terlalu pendek.
  • Pilih burung yang mau berjambul ketika berbunyi
  • Pilih burung yang memiliki bentuk paruh seimbang atau sejajar, tebal dan kokoh. Paruh branjangan mirip dengan paruh burung finch, hanya saja bagian ujungnya membengkok ke bawah.
  •  
Kriteria suara burung branjangan

Sebagaimana umumnya, trend burung kicauan mengikuti apa yang sedang populer dan banyak dicari oleh penggemar burung kicauan di Indonesia. Selama ini suara kicauan yang dicari dari burung branjangan adalah burung yang memiliki tembakan yang cukup baik.
Selain mengutamakan suara-suara tembakan, burung branjangan juga harus memiliki kemampuan bersuara ngeroll yang bervariasi. Apalagi jika didukung dengan suara yang keras dan tembus. 

Kualitas dari burung branjangan

Selama ini kualitas dari burung branjangan masih meliputi dua kriteria yaitu kemampuan berkicau dan kemampuan hoovering, meski masalah hoovering ini masih tetap menjadi pro dan kontra mengingat banyak penggemar burung yang beranggapan bahwa burung branjangan yang selalu hoovering membuat kinerja burung menjadi tidak stabil, karena energi mereka digunakan untuk terbang yang bisa mengakibatkan burung mudah lelah sehingga berpengaruh terhadap kemampuan berkicaunya.

Burung branjangan yang selama ini banyak di cari adalah burung yang berasal dari  Wates, Demak, Kudus, Pati dan Jepara.

Semoga bermanfaat

Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close