Mandi pada burung kenari

5/14/2014
 Masalah sederhana tetapi banyak ditanyakan oleh penggemar burung terutama pemula adalah mandi pada burung kenari. Mandi pada burung kenari memang sedikit berbeda dengan mandi yang biasa dilakukan oleh burung kicauan jenis lainnya.  





Pada umumnya, burung kicauan jenis lain terbiasa mandi dalam karamba mandinya, namun hal tersebut kadang sulit dilakukan pada burung kenari. Selain tubuhnya yang berukuran mungil sehingga resiko lepas atau 'nyeplos' dari karamba mandinya, juga burung kenari yang cenderung ketakutan ketika melihat genangan air dalam jumlah banyak. 

Namun jika tetap ingin menggunakan karamba mandi, maka pastikan karamba mandinya terbuat tidak memilik ruas jeruji yang cukup lebar yang tidak memudahkan burung nyeplos melaluinya. 

Untuk melatih burung kenari mandi di karamba mandinya, bisa dengan cara mengangkat bak mandi yang besar dan menggantinya dengan bak mandi berukuran kecil, setelah kenari mau mandi dalam bak mandi kecil tersebut selama beberapa hari, maka bak mandi besar pun bisa digunakan untuk mandi mereka berikutnya. 

Selain itu mandi pada burung kenari bisa dilakukan dengan cara yang sederhana saja, yaitu menyemprot burung dengan sprayer hingga basah, atau meletakkan bak mandi yang berukuran sedang ke dalam sangkar mereka. 

Mandi pada burung kenari sebenarnya bisa dilakukan setiap hari atau bisa juga dilakukan beberapa hari sekali, namun karena kondisi cuaca di Indonesia cenderung panas, maka keinginan burung untuk berendam juga lebih besar, sehingga burung kenari lebih sering terlihat berendam atau mandi di dalam wadah minumnya.  Untuk itu kita harus membiasakan mereka untuk mandi dalam  bak mandi yang kita siap sediakan. 

Untuk merangsang burung kenari mandi dalam bak mandinya, burung bisa disemprot sedikit dengan menggunakan sprayer dengan setelan halus. Setelah beberapa waktu burung kenari pun akan mulai mandi dalam bak mandinya itu. 

Semoga bermanfaat

Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close