Memilih trotolan anis kembang yang baik

5/15/2014
Dewasa ini kecenderungan memilih burung anis kembang yang didapat dari hasil tangkapan hutan atau bakalan tetap tinggi, meski sebenarnya merawat anis kembang yang merupakan hasil penangkaran lebih berpeluang burung yang rajin bunyi dan mudah jinak. Namun jika ingin merawat burung anis kembang dari usia trotolan, maka anda bisa memperhatikan beberapa kondisi sebagai berikut:

memilih trotolan anis kembang
Contoh trotolan anis kembang yang bagus | Foto kicaumania.or.id

  1. Pilih trotolan anis kembang yang terlihat sehat, agresif, lincah, tidak cacat serta memiliki jari-jari kaki yang mencengkeram kuat di tenggerannya.
  2. Pilih trotolan anis kembang yang memiliki tubuh proporsional antara ukuran paruh, kepala, leher, badan, kaki, serta panjangnya sayap. Tubuh yang bagus belum tentu seimbang, namun bentuk yang seimbang/proporsional cenderung memiliki isik dan mental yang bagus. 
  3. Pilih trotolan anis kembang yang bagian tengah pada tulang dadanya terlihat lebih menonjol atau terlihat tegap berdiri, karena biasanya ciri-ciri anis kembang trotolan jantan memiliki tulang dada bagian tengah yang menonjol dibanding AK betina yang memiliki tulang dada yang rata. 
  4. Pilih trotolan anis kembang yang memiliki mental yang baik, hal ini bisa dilihat dari tatapan mata mereka, jika ada burung yang terus menatap kita dengan pandangan menantang dan dingin, maka burung  itulah yang kita pilih. 
  5. Anis kembang trotolan yang berpotensi memiliki volume suara yang keras bisa terlihat dari bentuk paruh yang tebal ( seperti belimbing/bulir padi), paruh yang panjang, dengan robekan paruh mendekati bola matanya. Selain itu ukuran kepala mereka juga tampak besar dengan leher yang besar sehingga seimbang dengan ukuran dadanya. Jika kita melihat burung tersebut dari arah atas, jika bentuk paruh mereka meruncing maka burung tersebut cenderun bersuara tajam, sedangkan jika paruh mereka pipih seperti paruh bebek dengan ujung yang runcing maka karakter suara mereka cenderung lebih bervariasi, dengan suara-suara kasar dan tajam

Itulah beberapa hal yang diperolah dari berbagai sumber mengenai bagaimana memilih trotolan anis kembang yang memiliki potensi cukup baik sebagai burung peliharaan atau burung lomba. 

Semoga bermanfaat dan salam kicau!
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus