Mengapa whydah memiliki ekor yang sangat panjang

5/22/2014
Burung whydah finch akan tampak seperti burung finch biasa ketika di luar musim kawinnya, tetapi ketika burung jantan mulai siap berkembang biak maka ekor mereka akan tumbuh menjadi sangat panjang. Misalnya burung paradise whydah yang memiliki tubuh dengan ukuran panjang 12 cm, begitu siap kawin maka ukuran tubuhnya akan sepanjang 38 cm. Namun ketika musim kawin usai, mereka akan melepaskan ekor-ekor panjangnya dan kembali seperti burung biasanya. 


Burung whydah bisa ditempatkan bersama dengan spesies burung finch lainnya dalam sebuah kandang aviary, namun untuk mengembangbiakkan spesies burung finch ini tentu butuh trik-trik khusus, itu lantaran sifat burung whydah yang rata-rata merupakan burung parasit alias menitipkan telurnya dalam sarang burung lain. 

Karena itu, dalam penangkarannya, burung ini harus ditempatkan bersama burung finch lain seperti jenis waxbill ( silahkan buka lagi informasinya di sini ).



Whydah adalah burung Afrika . Ada sejumlah spesies dalam kelompok ini , seperti Paradise , Broad - tailed , Pin - tailed , Shafttail , Fischer ,
Resplendent, dan White- Winged whydahs . Burung ini makan makanan dari biji finch , berbagai sayuran , dan di alam liar mereka akan makan serangga hidup . Sangat penting untuk memberi mereka ruang yang cukup di aviary untuk itu ekor panjang sehingga tidak bisa rusak 

Semoga bermanfaat dan Salam Kicau!
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close