Seputar tangkar centrong atau murai irian

5/15/2014
Dipasaran kadang kita melihat jenis burung dengan warna hitam dan paruh yang besar. Burung eksotis ini dikenal dengan nama tangkar centrong atau Racket-tailed treepie (Crypsirinia temia), banyak penggemar burung di sini menyebutnya dengan sebutan murai irian, yang adalah burung sejenis treepie yang memiliki ukuran panjang 35 cm termasuk ekornya yang memiliki panjang 18cm. 




Warna tubuhnya yang abu-abu gelap dan ekor dengan ujung yang berbentuk seperti sendok ditambah lingkaran mata yang kebiruan membuat penampilan burung ini tampak lebih gagah dan sangar. 

Namun dibalik itu, suara kicauannya ternyata kurang menarik perhatian banyak penggemar burung di Indonesia. Meski begitu ada juga beberapa kicaumania yang menjadikan suara unik dari burung tangkar centrong ini sebagai suara masteran bagi burung kesayangannya. 

Penyebaran burung ini meliputi Myanmar, Thailand, Indo-China, Sumatra, Jawa dan Bali. Termasuk burung penetap yang hidup secara sendiri-sendiri dan kadang terlihat berpasangan di hutan-hutan sekunder, rumpun bambu, hutan semak, lahan-lahan pertanian, hingga pekarangan rumah.  

Dikenal sebagai burung arboreal yang artinya senang menghabiskan waktunya di ketinggian, burung ini memakan serangga dan juga buah-buahan. Ekor panjang yang berbentuk sendok pada bagian ujungnya merupakan penyeimbang bagi tubuhnya ketika beristirahat di puncak-puncak pohon. 

Suara kicauan burung tangkar centrong



Semoga bermanfaat



Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

loading...