Merawat dan memelihara burung ciblek sejak dari anakan (bag 3)

6/23/2014
Selain dari melatih mental, selama burung masih berusia anakan kita bisa memanfaatkan saat-saat tersebut untuk memaster atau melatih burung dengan suara dari burung lainnya. Dalam hal ini, banyak penggemar burung ciblek yang memang sengaja memelihara burung ciblek sejak dari anakan agar bisa dilatih untuk mampu mengeluarkan suara tembakan atau ngebrennya dengan sangat tajam dan panjang. 


Untuk pemasteran dan pelatihan tersebut bisa dimulai sejak burung masih berusia anakan atau remaja dengan memanfaatkan suara burung lain yang memiliki karakter suara yang mirip.

Namun tentunya untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal, anda harus terlebih dahulu sudah memastikan kalau burung ciblek yang akan dilatih tersebut berjenis kelamin jantan, karena burung betina tidak akan bisa mengikuti suara masterannya dengan cukup baik.

Untuk memaster anakan ciblek tersebut bisa dengan melakukan berbagai cara, termasuk diantaranya adalah:

Memaster anakan burung ciblek dengan suara dari burung asli

Memaster dengan menggunakan burung masteran sebaiknya dilakukan di dalam ruangan tertutup dengan kondisi diberikan full kerodong dengan warna terang/transparan. Gantung burung ciblek anakan ini ditengah-tengah ruangan yang dikeliling oleh burung-burung masterannya.
Namun jika anda ingin memaster burung di luar ruangan misalnya di teras atau halaman rumah, maka bisa diakukan dengan cara menggantung sangkar burung yang telah diberikan full kerodong diantara burung-burung masterannya dalam jarak  setengah hingga satu meter.

Memaster anakan burung ciblek dengan rekaman suara burung dari mp3.

Jika ingin memaster burung dengan menggunakan suara rekaman burung lainnya, maka cara yang lebih efektif adalah menggantung mereka dalam sebuah ruangan dengan kondisi dikerodong, lalu dibawahnya diletakkan perangkat elektronik yang akan memutarakan suara rekaman dari burung yang diinginkan.

Untuk memilih suara apa saja yang cocok untuk burung ciblek, sebaiknya pilih burung yang memiliki karakter suara yang tajam dan panjang, dengan begitu burung ciblek akan cenderung menampilkan suara tembakannya yang dikenal dengan istilah ngebren dengan cukup tajam dan panjang. Untuk itu, anda bisa menggunakan suara rekaman dari suara asli burung kenari, pelatuk atau cililin.
-
Melatih burung dalam latberan

Setelah burung tersebut mulai berusia dewasa atau telah melewati masa mabung pertamanya, maka burung ciblek tersebut mulai bisa dilatih dengan burung sejenis, misalnya dalam sebuah latberan lokal atau sekedar latihan bersama teman-teman ciblek mania setiap minggunya. Untuk pertama kali, anda bisa melakukan pelatihan ini hanya dengan beberapa ekor burung saja, nantinya setelah burung mulai menunjukkan penampilan yang menurut anda cukup maksimal, apa salahnya mulai melatih burung dalam skala yang lebih besar, misalnya dalam sebuah even lomba burung.

Meskipun ciblek telah berusia dewasa, namun bagian terpenting yang tidak boleh ditinggalkan adalah perawatan hariannya yang rutin, termasuk pemberian EF (ekstra Fooding), vitamin, mandi dan jemur serta pemasteran.

Meskipun burung tersebut telah berusia dewasa, namun bagian terpenting yang tidak boleh ditinggalkan adalah perawatan hariannya yang rutin. Hal tersebut mencakup pemberian EF yang tepat (kroto, jangkrik, dan UH), pemberian multivitamin untuk menjaga kondisi, pemberian mandi dan jemur, serta pemasteran agar burung memiliki tembakan-tembakan yang lebih mantap lagi.

Semoga bermanfaat

Tulisan lengkap: 
Merawat dan memelihara burung ciblek sejak dari anakan (Merawat dan meloloh)
Merawat dan memelihara burung ciblek sejak dari anakan (Melatih mental)
Merawat dan memelihara burung ciblek sejak dari anakan (Pemasteran dan Latihan)



merawat anakan ciblek, merawat ciblek, burung ciblek, melatih anak cibletk, melatih mental anak ciblek, cara meloloh ciblek anakan, cara memaster ciblek, cara melatih ciblek, membuat pakan lolohan, anakan ciblek, merawat anakan ciblek, merawat ciblek, burung ciblek, melatih anak cibletk, melatih mental anak ciblek, cara meloloh ciblek anakan, cara memaster ciblek, cara melatih ciblek, membuat pakan lolohan, anakan ciblek,

Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus