Tanda-tanda pleci akan mabung

6/09/2014
Perhatikan tanda-tanda burung akan mabung, sehingga bisa langsung diberikan perawatan yang semestinya
Dalam perawatan hariannya jika terjadi perubahan mendadak dari pemberian pakan hariannya, maka burung pleci cenderung akan langsung memasuki masa mabung. Perubahan yang terjadi dalam perawatan harian merupakan salah satu faktor yang bisa memicu burung mabung lebih awal. 
 


Begitu juga jika anda memelihara dan merawat burung pleci yang sudah berusia tua, terlalu sering diberikan makanan kering (voer) maka burung pleci tersebut akan mudah mengalami mabung. Untuk itu pada pleci yang sudah tua sebaiknya selalu diberikan pakan berupa buah-buahan sebagai makanan utamanya dan voer sebagai makanan tambahan yang diberkan seperlunya saja.  

Berikut beberapa tanda-tanda yang menunjukkan bahwa burung pleci anda sedang memasuki masa mabung:

Burung menjadi lebih berbulu atau gemuk ( perubahan mendadak dari bentuk tubuh ).
Jatuhnya bulu-bulu halus kecil.
Tumbuhnya bulu-bulu berwarna putih pada bagian kepalanya, terutama bagian leher ke atas.


Jika anda mendapati burung dengan tanda-tanda tersebut, maka mulailah mmeberikan buah-buahan berair seperti pepaya, bengkuang cina (waterchestnut), gambas, dan sebagainya selama burung mengalami masa mabung. 

Selain itu sediakan air bersih yang cukup, makanan kering dan berikan full kerodong yang setiap 3-4 hari kerodong tersebut di naikkan hingga selesai mabung. 

Selama masa mabung, burung pleci bisa dimandikan dalam waktu dua kali sehari dan dalam hal ini memandikan burung dengan air beras bisa membantu proses mabungnya, selain itu juga akan membuat bulu-bulu yang tumbuh menjadi lebih kuat, berkilau dan indah. 

Semoga bermanfaat dan Salam Kicau!


Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close