Tips perawatan mabung pada anis merah

6/03/2014
Banyak yang menyebut kalau memelihara burung sejenis anis merah membutuhkan perawatan yang ekstra terutama ketika burung tersebut sedang atau memasuki masa mabungnya. Hal tersebut cukup beralasan karena tidak sedikit pemilik anis merah yang tadinya rajin bunyi kini menjadi burung yang macet bunyi seusai mabung. Dan untuk membantu sobat agrobur berikut beberapa tips seputar perawatan mabung pada anis merah. 

anis merah mabung





Entah kenapa , banyak penggemar burung yang mengaku trauma atau tidak bisa merawat burung sejenis anis merah, sehingga bisa dibilang penggemar burung jenis ini hanya orang-orang tertentu saja alias orang yang berani mencoba sesuatu yang baru. Padahal jika memang burung anis merah tersebut berjenis kelamin jantan dan memang mogok bunyi atau tadinya pernah berbunyi apalagi pernah teler, bukan tidak mungkin kalau burung tersebut akan kembali pada kondisi tersebut jika dirawat dengan penuh kesungguhan. 

Namun sayangnya, sekarang ini banyak orang yang dengan mudahnya menjual burung anis merah bakalan lalu disebutnya sebagai burung yang macet bunyi, hanya karena burungnya itu memang tidak berbunyi. Untuk itu sebaiknya kita juga harus bisa jeli dan mengetahui asal dan usul dari anis merah yang akan kita beli tersebut, jangan sampai hanya membuat kita kecewa lantaran burungnya yang tidak mau berbunyi. 

Pentingnya ketenangan dan keamanan bagi burung yang mabung

Jika kebetulan kita memiliki anis merah yang sudah berbunyi ngeplong, dan ketika burung mulai menunjukkan gejala mabung atau rontok bulu yang ditandai dengan berjatuhannya bulu-bulu halus, maka hal terpenting yang harus kita lakukan adalah memberikan burung anis merah itu ketenangan dan keamanan. Karena dua hal itu yang menjadi kunci apakah burung tersebut nantinya akan tetap rajin bunyi atau malah mandeg alias macet bunyi. 

Anis merah yang sedang mabung, pada saat itu energi mereka akan digunakan untuk menurunkan bulu-bulu lama yang sudah kering atau rusak, sehingga untuk proses itu mereka butuh ketenangan dan tanpa gangguan, baik dari pemilik atau gangguan yang muncul dari lingkungan sekitarnya misalnya suara yang bising atau berisik, gangguan polusi dari asap pembakaran sampah atau asap knalpot yang mengganggu, gangguan dari hewan-hewan lainnya dan gangguan dari burung kicauan lain yang bersuara keras/kencang. 

Memberikan ketenangan pada burung anis merah, bisa dilakukan dengan menggantung di tempat yang tenang atau adem, misalnya di dekat  kamar mandi atau pinggir sungai. Karena selain butuh ketenangan, suasana yang sedikit lembab bisa membantu burung merontokkan bulu-bulunya selama mabung. 

Usahakan juga kita tidak terlalu sering mengganggu mereka . Untuk hal-hal rutin yang biasa dilakukan setiap hari, seperti membersihkan kotoran, memandikannya bisa dilakukan setiap dua - tiga hari sekali saja, sedangkan untuk mengganti makan (buah-buahan) dan air minumya bisa dilakukan pada pagi, siang dan sore hari, atau pada pagi dan sore hari saja.  

Selama masa mabung, kita memberi kesempatan pada burung untuk merontokkan bulu-bulunya, dan itu juga termasuk tidak memandikan ataupun menjemur burung. Hal tersebut bertujuan agar proses mabung lebih cepat selesai dan burung tidak akan mudah terkena mabung stress yang berujung pada macet bunyi tersebut. 

Selain faktor tenang dan aman, ada faktor lain yang turut membantu proses mabung pada burung anis merah, yaitu memberikan vitamin, pengaturan EF dan pemasteran. 

Vitamin bisa diberikan untuk membantu burung melewatkan masa mabungnya dengan mudah, selain itu untuk mempertahankan kondisi burung.  Sedangkan pengaturan EF bisa dilakukan dengan menyediakan buah-buahan yang tepat selama mabung, seperti pepaya, pisang , dsb, begitu juga dari EF serangga seperti cacing tanah yang bisa ditingkatkan porsinya. 

Setelah burung mulai menumbuhkan bulu-bulu jarum yang baru, pada saat itu kita bisa melakukan pemasteran. Sampai akhirnya bulu-bulu tersebut mulai tumbuh dan kita bisa memberikan perawatan rutin seperti biasa seperti memandikan agar bulu-bulu tersebut cepat tumbuh dan berkilauan, dan yang juga harus dicatat begitu burung sedang pada tahap menumbuhkan bulu baru adalah tidak menjemur terlalu berlebihan, karena hasilnya akan membuat bulu-bulu yang tumbuh nantinya akan menjadi kering dan mudah keriting (bulu yang terbalik). 

Dengan melakukan perawatan mabung untuk anis merah yang tepat, maka burung tidak akan mudah stress, dan dengan kondisi tersebut burung pun tetap akan berkicau dengan lantangnya. 

Semoga bermanfaat

 
 


Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close