Kipasang belang si burung aktif yang sulit dipelihara

7/14/2014
Kipasang belang atau pied fantail (Rhipidura javanica) yang dalam bahasa melayu disebut burung murai gila adalah burung yang sangat aktif. Burung yang memiliki ekor berbentuk seperti kipas ini relatif sulit untuk dijinakkan, bahkan tidak sedikit penggemar burung yang gagal dalam memelihara atau merawatnya. 



Burung yang bagi sebagian kalangan disebut sebagai burung srikatan ini memang memiliki karakter yang gesit dan kurang bersahabat, sehingga banyak penggemar burung yang enggan memeliharanya. Selain itu burung kipasan belang adalah salah satu jenis burung yang dilindungi, sehingga meskipun di habitatnya spesies burung ini masih cukup berlimpah namun untuk kelangsungan dan kelestarian populasi burung ini sebaiknya kita mentaati peraturan pemerintah tersebut dengan tidak menangkap atau memeliharanya. 

Burung kipasan belang memiliki suara kicauan yang kasar yaitu berupa crecetan panjang, yang lebih sering dikicaukannya pada saat terbang. Burung yang merupakan jenis burung pemakan serangga ini memiliki penyebaran global meliputi Semenanjung Malaysia, Filipina dan Sunda Besar, yaitu Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan Lombok. 



Kipasan belang memiliki tubuh berukuran sedang yaitu sekitar 19 cm, dan lebih sering di temukan di daerah terbuka, terutama di pekarangan, hutan mangrove, perkebunan, hutan sekunder, yang tersebar hingga ketinggian 1.500 meter. Burung ini adalah burung yang sangat aktif, mereka sering berpindah dari satu tenggeran ke tenggeran lainnya, dan kadang terlihat sendirian atau berpasangan, tetapi sering juga bersama kelompok keluarganya atau kelompok campuran burung lainnya. 

 
Musim kawin burung kipasan belang jatuh pada bulan Maret - Mei, dan April - Juni. Pada musim berkembangbiak mereka akan membangun sarang yang berbentuk cawan yang terbuat dari tumbuhan halus yang direkatkan dengan jaring lab-laba pada dahan yang ramping atau disela-sela tumbuhan merambat. Sarang rata-rata berada tidak jauh dari permukaan tanah, dan telurnya biasanya berjumlah dua butir telur yang berwarna kuning tua dengan bintik abu-abu.

Berikut beberapa suara kicauan dari burung kipasan belang yang bisa anda download:
  • Suara kipasan belang variasi 1 | DOWNLOAD
  • Suara kipasan belang variasi 2 | DOWNLOAD
  • Suara kipasan belang variasi 3 | DOWNLOAD

Semoga bermanfaat dan Salam kicau!


Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

loading...