Kutilang malaysia, si jambul yang hilang dari pasaran

7/12/2014
Beberapa tahun yang lalu di era 90-an, di pasaran kita dengan mudah menemukan burung kutilang jambul yang berharga murah meriah (sekitar 25 ribu - 40 ribu), meski begitu burung ini kurang begitu populer di Indonesia dibanding di negara asalnya Malaysia dan Thailand yang bahkan popular sebagai burung lomba. Sekarang kutilang jambul bisa dikatakan sudah menghilang dari pasaran, kalaupun ada pasti harga yang ditawarkan cukup tinggi. Terlepas dari itu, bagaimana perawatan burung ini agar rajin berbunyi akan kita bahas di sini.




Burung kutilang jambul atau merbah jambul (Red whiskered bulbul - Pycnonotus jocosus) adalah burung pengicau dari keluarga Pycnonotidae dari genus pycnonotus. Burung ini memiliki penyebaran yang meliputi selatan Asia hingga beberapa negara di Asia Tenggara (kecuali Indonesia).

Di beberapa negara di Asia, burung merbah jambu cukup popular sebagai burung lomba, bahkan peserta yang mengikutsertakan burung merbah jambul di arena lomba lebih banyak dari jumlah peserta lomba burung lainnya seperti murai batu. 

Lomba burung merbah jambul




Burung merbah jambul memiliki sifat dan karakter sebagaimana burung cucak-cucakan lainnya seperti kutilang, trucukan, cucak jenggot, dan kapas tembak karena itu dalam perawatannya pun tidak terlalu menyulitkan. 


Perawatan harian burung merbah jambul tidak lepas dari buah-buahan seperti pisang atau pepaya, namun selain itu pemberian pakan tinggi protein seperti ulat hongkong (mealworm), jangkrik (cricket) atau kroto ( egg ants) harus selalu tersedia setiap harinya dengan porsi disesuaikan. 

Seperti juga burung dari keluarga  merbah lainnya, kutilang jambul cukup menyukai mandi, karena itu setiap hari usahakan mandi bisa diberikan minimal satu -dua kali sehari.  Sewaktu burung dimandikan, kandang bisa dibersihkan untuk mencegah penularan atau infeksi bakteri atau tungau akibat kotoran yang menumpuk.



Untuk membuat rajin burung merbah jambul cukup membuat burung merasa kenyang dengan buah dan serangga setiap hari, maka burung pun akan berkicau dengan lantangnya. 

Semoga bermanfaat dan salam kicau!
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close