Mengapa burung kenari jadi enggan berbunyi

7/07/2014
Ketika memasuki usia mapan burung kenari jantan yang dalam kondisi sehat akan berkicau dengan rajinnya, pada masa itu  hormon testosteron yang mendorong burung jantan berperilaku demikian. Burung jantan memang harus berkicau dengan lantang untuk menarik perhatian burung betina, menandakan wilayah kekuasaan, dan kadang bernyanyi hanya untuk menyatakan kesenangan mereka menyambut hari. 





Pada kondisi-kondisi tertentu, hormon testosterone burung akan semakin menurun, dan hal tersebut menyebabkan burung menjadi jarang atau malah berhenti berkicau sama sekali. Hal itu biasanya terjadi setiap tahun terutama ketika burung sedang dan memasuki masa mabungnya (molting).

Ketika burung kehilangan bulu-bulunya itu mayoritas burung jantan tidak akan mengeluarkan suara kicauannya selama masa mabung yang berlangsun antara enam hingga delapan minggu itu. Selain mabung, burung kenari yang sudah berusia tua pun cenderung mengalami penurunan kadar testosteron dan akan semakin jarang berkicau dibanding beberapa tahun sebelumnya.

Burung jantan yang berkicau dengan lantang dan rajin juga menjadi penanda bahwa burung tersebut sedang dalam kondisi kesehatan dan stamina yang sangat baik. Burung yang dalam kondisi lemah, tidak sehat / sakit, stress dan kurang stamina cenderung tidak akan berkicau, itu pula yang menyebabkan kenapa burung kenari menjadi jarang berbunyi.

Selain alasan yang disebut di atas, burung kenari cenderung berhenti bernyanyi ketika mereka menghadapi situasi yang membuat mereka merasa tidak nyaman atau ketakutan, misalnya sangkar mereka yang terlalu dekat dengan sumber angin, terlalu banyak suara yang berisik/bising, terlalu banyak polusi udara (asap knalpot / pembakaran sampah), dan kondisi lain yang membuat stress burung.

Selain itu ada hal lain yang juga bisa membuat burung kenari tersebut berhenti bernyanyi yaitu, sering melihat burung betina. Bayangkan saja, untuk apa mereka berkicau jika ada burung betina di hadapan mereka!, kenari jantan akan berkicau dengan lantang ketika tidak melihat burung betina, karena itu mereka akan berusaha memanggil dan menarik perhatian burung betina. Tetapi jika ada burung betina di hadapan mereka, tentu mereka akan menghentikan suara kicauannya itu. Jadi, jika burung memang tidak dimanfaatkan untuk penangkaran  sebaiknya jauhkan burung betina dari hadapan burung jantan. 

Itulah beberapa alasan mengapa burung kenari menjadi enggan berbunyi.

Semoga bermanfaat
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus