Manfaat hujan-hujanan pada burung kicauan

8/17/2014
Tidak selamanya hujan yang mengguyur bumi harus dihindari oleh penggemar burung dengan burung peliharaannya. Ketika turun hujan, burung akan tampak rajin berkicau menyambutnya termasuk juga burung bakalan. Hujan memang bisa menjadi terapi penghilang stress yang baik bagi burung kicauan. Tapi tahukah anda, bahwa ada manfaat lain dari air hujan yang turun dari langit untuk burung peliharaan ?
Burung liar yang senang hujan-hujanan


Ada banyak manfaat yang bisa di dapat ketika burung terkena air hujan atau dihujan-hujankan, di antaranya adalah :
  • Metabolisme burung bisa meningkat sehingga membuatnya cepat rajin berbunyi.
    Burung bisa terlatih untuk mandi di karamba mandinya.
  • Menghilangkan stress pada burung. 
  • Meningkatkan birahi terutama pada burung yang akan ditangkarkan. 
Namun untuk memandikan burung di tengah guyuran air hujan tentu tidak sembarangan, ada persyaratan khusus yang bisa membuat burung merasa nyaman berada di tengah hujan, yaitu:
  • Hujan yang turun tidak terlalu lebat.
  • Mandi hujankan burung jika hujan turun pada pagi hingga siang hari, karena hujan pada waktu-waktu tersebut mengandung banyak manfaat, dibanding hujan yang turun dari siang hingga sore hari yang telah mengandung asam yang bisa membuat burung cepat sakit. 
  • Jangan terlalu lama ketika menghujan-hujankan burung, cukup seperlunya saja atau sekitar 10 - 20 menit.  

Berikut beberapa tips ketika kita hendak memandikan burung di tengah guyuran hujan.
  • Untuk menghindari sangkar harian burung rusak terkena air hujan, sebelum burung dihujan-hujankan ada baiknya burung dipindakan ke dalam sangkar lain. 
  • Ketika memandikan burung di tengah air hujan, akan lebih baik jika menggunakan sangkar yang bagian dasarnya bisa diangkat, sehingga burung bisa mandi hujan di atas permukaan tanah atau rumput. Namun perlu diperhatikan keamanannya, terutama jika sangkar yang digunakan memiliki celah yang besar di bagian dasarnya yang bisa membuat burung "nyelonong" keluar sangkar. 
  • Atau anda bisa memasukkan burung ke dalam karamba mandinya, lalu burung dibiarkan bersenang-senang di tengah guyuran hujan.
  • Untuk mempercepat perjodohan burung , bisa dilakukan dengan memasukkan sepasang burung yang akan dijodohkan ke dalam karamba mandinya, lalu dihujan-hujankan terutama untuk burung jenis anis merah, anis kembang, dan kacer.
  • Sebagai terapi penjinakkan untuk burung bakalan yang masih liar, atau giras. Setelah burung dihujan-hujankan anda bisa memberikan burung ulat hongkong ketika burung sedang diangin-anginkan. 
Beberapa jenis burung yang cukup menyukai hujan-hujanan adalah: semua jenis burung poksay, branjangan atau lark, pleci, kacer, trucukan, kutilang, beo dan jalak-jalakan.

Semoga manfaat dan Salam Kicau!

Katalog Produk Omkicau

Artikel Terkait