Melatih kenari jinak tangan

8/15/2014
Pada awalnya burung kenari ditemukan di pulau Canary yang berada di Samudera Atlantik, sampai akhirnya burung kecil ini menjadi burung yang popular sebagai burung peliharaan. Burung yang berkembangbiak pada bulan Februari hingga Maret ini merupakan jenis burung yang memiliki suara yang merdu, selain itu juga mudah dijinakkan. Berikut adalah tahapan penjinakkan pada burung kenari. 



Tahap pertama 


  
Burung kenari yang akan dilatih jinak tangan sebaiknya dipilih burung yang berusia masih muda, kenari dewasa atau tua cenderung sulit dibuat jinak karena karakternya yang terlalu liar.  Meskipun kenari muda bisa dijinakkan namun hal tersebut perlu waktu dan kesabaran, selain itu pastikan ketika melatihnya tidak ada burung sejenis di sekitarnya. 


Tahap kedua 



Latih secara rutin setiap hari dengan melepaskan burung dari sangkarnya di dalam sebuah ruangan / kamar yang kecil dan tanpa perabotan di dalamnya. Lakukan beberapa kali dalam sehari, untuk membiasakan burung dengan anda. Jangan khawatir burung terbang keluar, karena sebelumnya anda harus menutup rapat pintu dan jendela kamar tersebut.

Tahap ketiga



Semakin burung terbiasa dengan anda, maka akan semakin mudah proses pelatihannya, selain itu pelatihan jinak bisa juga dilakukan ketika burung dalam sangkarnya dengan cara  sering menjulurkan tangan ke dalam sangkarnya, kemudian melatihnya di luar sangkar. Untuk pertama kali burung mungkin akan takut tetapi jika anda bersabar dan terus melatihnya burung akan menjadi terbiasa dan mau anda dekati atau pegangi. 

Tahap keempat



Jangan berharap burung akan jinak dalam beberapa hari, terapi lakukan latihan terus menerus selama beberapa minggu atau bulan sampai burung benar-benar sudah terbiasa. Selain itu sering-seringlah berdiri di depan sangkarnya setiap 10 menit sehari agar burung jadi lebih dekat dengan anda.

Tahap kelima



Ajak bicara burung dengan suara yang pelan untuk menenangkan burung. Alihkan perhatiannya dengan menjulurkan tongkat kayu pada bagian kakinya, setelah burung bertengger di tongkat kayu tersebut lalu turunkan burung pada jari-jari anda untuk melatih burung bertengger di jari.  Melatih burung untuk bertengger bisa dilakukan dengan menekan tongkat pada bagian dada burung untuk menyuruhnya menaikki tenggerannya atau jari anda.

Tahap keenam


Setelah burung terlatih naik turun tongkat atau jari, yang biasanya memakan waktu selama satu bulan atau lebih, itu artinya anda sudah bisa mengajak bermain burung di dalam atau di luar sangkarnya. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, burung akan mau berkicau di tangan anda, latih juga burung untuk makan-makananya di tangan, dan ketika ingin menyuruhnya masuk kandang, letakkan beberapa makanannya di depan pintu kandang.  Pada saat ini anda bisa melatih burung di ruangan yang lebih besar, dan setelah burung benar-benar terikat dengan anda, anda bisa melatihnya di luar ruangan.


Semua cara di atas membutuhkan waktu dan kesabaran, jadi jika anda rutin melakukan latihan setiap hari, maka burung akan cepat terlatih dan jinak tangan.


Source : WikiHow
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close