Membuat nektar buatan untuk burung madu dan pleci

8/27/2014
Meskipun termasuk jenis burung yang dilindungi, faktanya burung ini memiliki banyak penggemar yang senang dengan suara dan gaya berkicauanya. Seperti juga burung kolibri atau hummingbird, burung madu menyukai cairan nektar yang berasal dari sari bunga. Pada burung madu yang dipelihara, kita tentu tidak bisa memberikan nektar yang bersumber dari sari bunga, selain mudah menguap mencarinya juga butuh waktu yang cukup lama. Karena itu kita bisa membuat sendiri nektar dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. 




Burung madu atau sunbird adalah jenis burung yang sama sekali berbeda dengan jenis burung kolibri, jadi salah kiranya kalau ada orang yang menyebut burung madu ini sebagai burung kolibri. Burung Kolibri adalah spesies burung kecil penghisap nektar yang hanya bisa ditemukan di kawasan Benua Amerika. 

Meski memiliki kegemaran serupa yaitu menghisap nektar namun burung madu mudah diberikan pakan lainnya, seperti voer atau serangga. Selain itu, semanis apa pun nektar yang dikonsumsinya, burung kolibri dan burung madu tidak akan bisa mencicipi rasa manis dari minuman tersebut, hal itu terungkap dalam sebuah penelitian terbaru dari Harvard University. 

Dalam perawatan hariannya, burung madu membutuhkan asupan energi yang cukup banyak dari pakan yang dikonsumsinya, nah untuk melengkapinya kita harus memberikan nektar pada burung madu tersebut. 

Tidak perlu repot-repot harus mengumpulkan nektar asli dari sari bunga, karena kita bisa membuat sendiri nektar buatan dengan kandungan yang 75% mirip dengan nektar aslinya. 

Untuk membuat nektar yang dibutuhkan adalah air putih yang bersih dan higienis, dan gula putih yang tidak diberikan pengawet atau bahan kimia.  

 
Dengan perbandingan air dan gula sebanyak 4:1, kedua bahan tadi kemudian direbus hingga mendidih. 

Setelah mendidih, kemudian dibiarkan hingga dingin lalu disimpan dalam lemari es/kulkas. 

 
Setelah nektar buatan ini dingin, berikutnya adalah diberikan pada burung madu kesayangan kita. 



Untuk menghitung rasio perbandingan air dengan gula putihnya, anda bisa menggunakan perhitungan berikut: 
  • 1 gelas kecil gula untuk 4 gelas kecil air 
  • 3/4 gelas kecil gula untuk 3 gelas kecil air 
  • 1/2 gelas kecil gula untuk 2 gelas kecil air
Dalam pembuatannya, sebaiknya hindari menggunakan gula merah yang telah dicampur bahan pengawet atau kimia, sirop, atau gula buatan, karena bahan-bahan tersebut tidak memiliki kalori yang dibutuhkan sebagai penambah energi bagi burung. 


Dengan rutin mengkonsumsi nektar buatan ini, burung madu akan menjadi lebih aktif, dan rajin berbunyi. Selain itu pakan nektar buatan ini pun bisa diberikan pada burung pleci kesayangan anda. 

Salam Kicau!

Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close