Penanganan burung anis merah yang over birahi

8/14/2014
Seperti di sebutkan sebelumnya di sini, bahwa anis merah adalah burung yang memiliki karakter yang mudah labil sehingga banyak penggemar yang merasa kesulitan ketika menghadapi burung anis merahnya  yang dalam kondisi OB atau Over Birahi. Setelah mengetahui apa penyebab dan ciri-ciri burung anis merah yang over birahi, selanjutnya adalah memberikan penanganan lebih lanjut mengenai masalah tersebut. 



Beberapa perawatan standar untuk mengatasi burung anis merah yang over birahi bisa dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut :
  • Menghentikan sementara pemberian pakan tinggi protein dan burung hanya diberikan pakan buah-buahan saja.
  • Menenangkan burung dengan menggantung ditempat yang teduh dan tenang.
  • Memutarkan suara terapi untuk mengkondisikan birahi burung kembali normal, misalnya dengan memutarkan audio terapi yang bisa didownload melalui tulisan sebelumnya di sini.
  • Rutin memandikan burung, termasuk mandi malam dengan tetap memperhatikan kondisi cuaca.
  • Rutin melakukan pengembungan pada burung.
  • Cobalah untuk mengabaikan burung, jangan terlalu sering melakukan interaksi atau memanjakan burung yang bisa memancing-mancing birahi dari burung.
  • Hal yang paling efektif adalah mengawinkan burung ( sangat cocok buat anda yang ingin memulai usaha penangkaran anis merah).
Itulah beberapa hal yang cukup penting dan perlu diketahui bagi anda pecinta burung anis merah di seluruh Indonesia. Satu hal yang wajib diperhatikan dalam perawatan burung ini adalah tidak memanjakan burung, baik dengan interaksi atau dengan pakan yang berlebihan yang bisa meningkatkan birahi burung dengan cepat. 

Burung anis merah adalah burung yang unik, dan itulah seninya dalam merawat burung anis merah.
Katalog Produk Omkicau

Artikel Terkait