Zebra finch setia di alam liar, suka selingkuh ketika ditangkar

8/04/2014
Dr. Simon Griffith, seorang peneliti burung dari Universitas Macquarie di Australia telah mengungkapkan bahwa burung kicauan dari jenis zebra finch ternyata lebih setia kepada pasangannya ketika berada di alam liar dibanding ketika mereka berada dalam kandang penangkaran.



Dr Griffith yang telah melakukan penelitian terhadap burung ini selama lebih dari 10 tahun terakhir mengatakan bahwa zebra finch terkenal sebagai burung yang monogami ketika berada di habitatnya di alam liar, bahkan lebih setia kepada pasangannya dibanding burung jenis lainnya.  

"Namun ketika didomestifikasi atau ditangkarkan, kehidupan mereka kemudian berubah. Di antaranya ada yang terlibat dalam 'kencan diam-diam' dan 'perselingkuhan'," tutur Dr Griffith.

Ia menjelaskan, temuan ini terungkap dari penelitian yang dilakukan atas burung zebra finch di peternakan Fowlers Gap di kawasan barat Negara Bagian New South Wales.

Menurut Dr Griffith, di alam lepas burung zebra finch terbukti setia kepada pasangannya. Sebaliknya, jika dikandangkan, mereka berubah dan suka 'selingkuh'. 

"Meskipun pasangan burung jantan dan betina jenis ini akan membentuk 'keluarga' bersama-sama di alam liar, namun dalam penangkaran, penelitian kami menemukan 15 persen di antara mereka bertelur dan melahirkan anak tanpa dibuahi pasangan pejantannya," katanya.

"Kami menduga ini terkait dengan proses domestifikasi," jelasnya. 

Burung zebra finch adalah jenis burung yang banyak dipelihara di seluruh dunia.

"Temuan kami di Fowlers Gap menunjukkan burung-burung ini di alam liar sangat setia kepada pejantannya," ujar Dr Griffith

Katalog Produk Omkicau

Artikel Terkait