Cara merawat ulat hongkong untuk pakan burung

9/01/2014
Ulat hongkong atau mealword adalah satu dari beberapa jenis pakan tambahan (extra fooding) yang biasa diberikan pada burung peliharaan. Namun terkadang ketika kita sangat membutuhkannya banyak ulat-ulat tersebut yang mati dalam tempat penyimpannya, untuk itulah cara merawat ulat hongkong yang benar harus diterapkan agar ulat tersebut selalu tersedia setiap kali dibutuhkan. 




Seperti halnya merawat burung peliharaan, ulat hongkong pun butuh makanan. Banyak dari kita yang hanya memberikan makanan voer saja pada ulat tersebut, akibatnya selain bisa membuat ulat menjadi berbau dengan aroma yang tidak sedap, kadar voer yang berlebihan bisa menyebabkan ulat menjadi makanan yang panas bagi burung kicauan, sehingga terlalu banyak mengkonsumi ulat tersebut bisa menjadi tidak baik. 

Karenanya berikan pakan yang mengandung gizi agar nantinya kandungan gizi dari makanannya itu bisa diserap juga oleh burung yang memakannya. Contohnya ulat diberikan buah-buahan atau sayur-sayuran beberapa jam sebelum diberikan pada burung, itu lebih manfaat ketimbang hanya memberikan pakan voer pada ulat tersebut. 

Berikut bagaimana merawat ulat hongkong untuk burung peliharaan 

Setelah anda membeli ulat hongkong di pasar burung , segera pindahkan dalam wadah yang sudah anda siapkan, misalnya toples plastik atau wadah lainnya yang berukuran lebar. Berkan makanannyadalam bentuk campuran bubuk roti dengan sedikit voer bayam atau voer burung. Bisa juga anda memasukkan potongan wortel atau potongan buah apel ke dalamnya.


Masukkan potongan kertas koran ke dalam wadah ulat, karena ulat sangat suka bersembunyi di tempat gelap.


Rutin memeriksa wadah ulat hongkong untuk membuang kotoran, tambahkan lagi potongan sayuran atau buah-buahan jika diperlukan.

Jika mendapati kumbang atau ulat yang berubah menjadi kepompong, pindahkan saja ke dalam wadah terpisah untuk dibiarkan menjadi kumbang dan berbiak.


Kepompong atau kumbang yang dipisahkan itu nantinya akan bertelur dan menjadi ulat hongkong yang siap anda manfaatkan sebagai pakan burung.


Semoga manfaat dan salam kicau!

 



Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close