Perawatan cucak hijau dengan atau tanpa voer?

9/04/2014
Burung cucak hijau adalah spesies burung yang memiliki kepintaran dalam menirukan berbagai macam suara, dan karena itu pula burung cucak hijau banyak digemari oleh penghobi burung di Indonesia. Dalam perawatan harian burung cucak hijau, ada penggemar yang suka memberikan pakan buah saja dalam perawatan hariannya tapi ada juga yang memberikan voer pada burungnya itu. Nah apa saja manfaat dan resikonya, mari kita simak berikut ini. 

 Burung peliharaan seharusnya mendapatkan makanan yang berkecukupan, baik dari kandungan nutrisi, protein, dan gizinya. Itu lantaran burung peliharaan tidak memiliki kebebasan dalam mencari dan memilih makanan yang disukainya. 


Sedangkan manfaat dan tujuan dari pemberian voer pada burung peliharaan adalah sebagai penambah energi dan karbohidrat, serta untuk mempermudah dalam perawatannya terutama jika anda termasuk orang yang sibuk dengan pekerjaannya dan tidak memiliki waktu yang banyak untuk mengurus burung kesayangannya itu. 

Berbeda dengan penggemar yang sering melombakan burungnya itu, mereka cenderung memberi burung dengan perawatan non voer, atau memberikan pakan berupa buah-buahan dan serangga saja setiap hari karena diyakininya bisa mempertajam suara kicauan dari burung miliknya itu ketika dilombakan. Namun, hal tersebut hanya bisa dilakuakn oleh anda yang banyak memiliki waktu luang atau menyerahkan perawatannya pada anak buah atau orang bayaran.  Lantaran burung tersebut harus selalu mendapatkan makanan yang segar setiap harinya, sehingga terlambat memberikan burung makanan atau memakan buah yang sudah lama/basi tentu bisa mengganggu kesehatan dari burung tersebut. 

Nah, bagi anda yang memelihara burung cucak hijau sebagai klangenan atau burung rumahan namun tidak memiliki banyak waktu karena sibuk dengan pekerjaannya, anda bisa memilih cara pertama yaitu merawat burung dengan voer serta dilengkapi dengan buah-buahan dan serangga. 

Akan tetapi jika anda termasuk orang yang senang mencoba hal yang baru dan punya banyak waktu, maka anda bisa melakukan cara kedua dengan pertimbangan anda bakal merawat burungnya itu dengan rutin dan sungguh-sungguh. Terutama jika burung yang dimilikinya termasuk burung lomba. Namun jangan lupakan untuk memberikan tambahan suplemen vitamin, karena dengan melakukan perawatan tersebut, berarti anda telah menghilangkan kebutuhan burung akan zat-zat nutrisi lain yang biasa didapatkan dari makan keringnya atau voer.

Mana yang akan anda pilih? 
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close