Taman Nasional Lindu Lore habitat 265 spesies burung

9/16/2014
Kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) yang terletak di Provinsi Sulawesi Tengah diketahui menyimpan sebanyak 265 spesies burung yang hidup dan berkembangbiak, hal tersebut diungkapkan oleh Idris Tinulele seorang peneliti. 




Menurutnya juga jumlah keragaman spesies burung yang terdapat di Sulawesi mencapai sekitar 400 spesies burung yang setiap tahunnya selalu ada spesies burung baru yang ditemukan berada dalam kawasan hutan lindung itu.
 
Selama ini, beberapa spesies burung yang bisa dijumpai di Kawasan Taman Nasional Lore Lindu antara lain elang, nuri, maleo atau male senkawor (macrocephalon maleo), gagak (corvus unicolor), kakatua kecil jambul Kuning (cacatua sulphurea), kacamata (zosterops nehrkorni), madu (aethopyga duyvenbodei), burung elangg bondol, rangkong, alo, jalak tunggir 
merah (scissirostrum dubium ), dan burung kipasan Sulawesi (rhipidura teysmann).


Kawasan TNLL memang telah kawasan yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan dari mancanegara untuk berkunjung ke Sulawesi Tengang lantaran ingin melihat keberagaman spesies burung yang ada di kawasan taman nasional itu. 

Ada dua wilayah yang rutin dikunjungi oleh para wisatawan yaitu Danau Tambing yang terletak di Dataran Napu, Lore Utara, Kabupaten Poso dan Danau Lindu di Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi. Selain memiliki pemandangan yang indah, disekitarnya banyak sekali ditemukan berbagai jenis burung yang menarik perhatian para wisatawan terutama para penggemar burung atau Bird Watchers. 



Namun sayangnya, menurut Idris, banyak orang yang tidak bertanggung jawab memburu dan menangkapi beberapa jenis burung untuk diperdagangkan. Hal ini cukup mengkhawatirkan, karena jika masalah tersebut tidak segera ditangani maka populasi burung di Kawasan TNLL akan terus berkurang. Padahal salah satu tujuan wisata para turis mancanegara ke kawasan itu adalah untuk melihat berbagai jenis burung.



Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close