Pakan beta karoten untuk merawat kenari merah

10/27/2014
Memelihara burung kenari merah tentu membutuhkan perawatan khusus terutama dalam menjaga warna merahnya agar tidak mudah pudar dan berganti menjadi warna lain ketika burung berganti bulu. Sehingga dalam perawatan hariannya yang lebih ditekankan adalah perawatan dalam bentuk pemberian pakan yang mengandung beta karoten, selain itu banyak juga penggemar burung yang memberikan pakan olahan yang dicampur dengan zat pewarna khusus. Nah apa saja pakan alami dan pakan olahan untuk burung kenari merah akan kita simak berikut ini.



Secara umum burung kenari merah yang selama ini dikenal di kalangan penggemar burung kenari terdiri dari beberapa jenis termasuk di antaranya kenari red factor, kenari red intensive, kenari merah buatan dan kenari merah yang bersumber dari kenari orange atau kenari sunkis.

Meski begitu jika tidak diberikan perawatan yang tepat terutama dari segi pemberian pakan yang mengandung beta karotene maka warna-warna merah yang terdapat pada burung kenari tersebut akan mudah sekali memudar, terutama ketika burung tersebut sedang mengalami masa mabungnya.

Untuk itu selain memberikan makanan biji-bijian sebagai makanan utamanya, berikan juga makanan tambahan (exta fooding) berupa buah atau sayuran yang banyak mengandung beta karotene, atau memberikan makanan olahan yang telah dicampur dengan zat pewarna khusus yang alami dan bukan menggunakan bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan burung.

Beberapa pakan yang dikenal mengandung beta karoten yang wajib diberikan dalam perawatan burung kenari merah adalah sebagai berikut:

1. Wortel
Wortel segar memiliki banyak kandungan beta karoten yang baik diberikan pada burung kenari merah. Wortel ini bisa diberikan dalam bentuk utuh yang digantung atau diparut dan hasil parutannya itu disimpan dalam wadah terpisah.
2. Cabai merah dan paprika
Cabari merah dan paprika juga mempunyai banyak kandungan beta karoten yang baik diberikan untuk menjaga warna merah pada burung kenari merah. Cabai merah dan paprika ini bisa diberikan dalam bentuk utuh atau dalam bentuk kering.
3. Ubi jalar
Ubi jalar yang mempunyai daging berwarna oranye atau kuning ternyata mempunai kandungan beta karoten yang cukup tinggi sehingga bisa diberikan pada burung kenari sebagai makanan tambahan yang bermanfaat untuk menguatkan dan menjaga warna merahnya. Ubi jalar bisa diberikan dengan cara direbus terlebih dahulu.
4. Sayuran berwarna hijau gelap
Sayuran atau daun-daunan yang memiliki warna hijau gelap dikenal mempunyai kandungan beta karoten sehinga cukup baik diberikan sebagai pakan tambahan bagi burung kenari merah.
5. Labu
Buah labu juga mempunyai kandungan beta karoten yang diperlukan oleh burung kenari merah untuk menjaga dan menguatkan warna merah, buah labu umumnya diberikan ketika burung kenari sedang memasuki masa mabung untuk menjaga agar warna merah tetap ada ketika bulu-bulu baru bermunculan.
6. Buah melon
Buah melon pun mempunyai kandungan beta karoten yang cukup, sehingga bisa diberikan sebagai pakan tambahan bagi burung kenari merah.
7. Tomat
Tomat juga bisa diberikan sebagai pakan yang memiliki kandungan beta karoten yang cukup tinggi.

Selain memberikan pakan berupa sayuran atau buah-buahan seperti di atas, banyak penggemar burung yang juga memberikan zat pewarna makanan seperti Carophyl atau Canthaxantine.

Carophyil selama ini dikenal sebagai zat pewarna alami yang biasa diberikan pada hewan peliharaan seperti ikan arowana super red terutama untuk menjaga warna merahnya tetap berwarna cerah. Sedagkan pada burung kenari merah, carophyl juga dikenal sebagai zat pewarna yang bisa membantu menguatkan atau memunculkan atau menjaga warna merah pada burung kenari merah dan kenari orange.

Carophyl biasanya diberikan dengan cara mencampurkan satu sendok ukur (5 gram) carophyl dengan air hangat sebanyak 1000 ml, lalu diberikan sebagai air minum burung kenari tersebut. Berikan air minumnya itu setiap satu - dua kali seminggu, terutama ketika burung kenari tersebut akan memasuki masa pergantian bulu atau mabung. Selain itu, cara pemberian yang lain adalah dengan mencampurkan 6 sendok ukur (5 gram) dengan 500 gram pakan olahannya atau egg food.

Untuk mengetahui apakah makanan tersebut sudah sesuai dosisnya untuk burung maka bisa dilakukan pemantauan terhadap kotorannya, jika kotorannya berwarna merah itu artinya dosis carophyl terlalu banyak dan bisa dikurangi.

Disamping itu hindari juga air minum atau makanan yang mengandung zat pewarna itu terlalu lama papaparan cahaya matahari secara langsung karena bisa merusak dan jika dibiarkan dalam waktu yang cukup lama bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri yang merugikan kesehatan burung.

Untuk hasil yang maksimal, carophyl sebaiknya diberikan bersama makanan beta carotene seperti di atas.
Namun perlu juga menjadi perhatian bahwa meski selama ini carophyl dikenal sebagai zat pewarna yang cukup banyak digunakan para peternak dan penggemar burung di mancanegara, namun pemberian yang terlalu berlebihan justru bisa mengganggu kesehatan dari burung tersebut.

Semoga bermanfaat

Katalog Produk Omkicau

Artikel Terkait