Remetuk laut burung kecil bersuara merdu

10/09/2014
Remetuk laut (Gerygone sulphurea) adalah spesies burung liar yang memiliki suara kicauan cukup merdu. Spesies burung dari keluarga Acanthizidae ini merupakan jenis burung yang cukup umum di temukan di beberapa daerah di Indonesia. Dahulu suara merdu burung remetuk laut sering bisa didengarkan di rumpun-rumpun semak yang berada di sepanjang aliran sungai, namun kini kemerduan remetuk laut perlahan menghilang seiring terusiknya habitat mereka. 


Remetuk laut adalah burung kecil yang berukuran 9-10 cm, burung ini mudah diidentifikasi dari warna kekang putihnya yang khas, bagian atas yang berwarna coklat keabu-abuan, dagu yang putih, tenggorokan kuning terang, serta bagian dada hingga perut yang berwarna kuning-terang.  

Terdapat lima subspesies dari burung remetuk laut yang memiliki penyebaran yang meliputi Filipina, Sulawesi, Semenanjung Malaysia, dan Sunda Besar. Ke-5 subspesies tersebut adalah: 
  • Gerygone sulphurea sulphurea tersebar di Semenanjung Malaysia, Cochinchina, Sunda besar dan kecil.
  • Gerygone sulphurea muscicapa tersebar di  P. Enggano.
  • Gerygone sulphurea flaveola  tersebar di Sulawesi, Salayar, dan Kep. Banggai.
  • Gerygone sulphurea rhizophorae tersebar di Filiphina selatan.
  • Gerygone sulphurea simplex  tersebar di bagian utara, barat, dan tengah Filiphina.
Burung remetuk laut sering terlihat sendirian atau berpasangan. Karena ukurannya yang tidak terlalu mencolok dengan tubuh yang berukuran kecil, spesies burung ini tidak mudah terlihat di antara rimbunan daun-daun semak dan pepohonan yang beraada di sepanjang aliran sungai atau ditepian pantai, hutan mangrove, maupun perkebunan karet dan hutan terbuka. Namun keberadaannya mudah dikenali dari suara kicauannya yang merdu dengan suara yang bergetar dan mengalun laksana suara seruling. 
 
Berikut beberapa suara kicauan dari burung remetuk laut: 





Sangat disayangkan memang kalau burung kecil dengan suara kicauannya yang merdu ini harus tersingkir akibat rusaknya habitat mereka  dan seringnya burung ini terusik. 

Meski begitu dengan menjaga kelestarian bersama maka kehidupan burung kecil ini akan tetap terjaga. 

Semoga bermanfaat


Katalog Produk Omkicau

Artikel Terkait