Tips agar anis kembang rajin bunyi

10/15/2014
Perawatan anis kembang akan lebih mudah ketika memelihara burung yang berasal dari hasil tangkaran, namun meskipun begitu masih banyak penggemar burung yang senang memelihara burungnya itu dalam kondisi bakalan/muda hutan dengan alasan harga yang lebih terjangkau. Tips berikut adalah bagaimana mengkondisikan burung anis kembang muda hutan yang baru anda dapatkan agar kelak menjadi burung yang rajin berbunyi.





Memelihara burung anis kembang yang didapat bukan dari hasil tangkaran memang sedikit merepotkan, karena sebagian besar burung tersebut mempunyai sifat yang masih liar dan belum beradaptasi dengan lingkungan manusia. Namun tidak ada usaha tentu tidak akan ada perubahan, memelihara anis kembang muda hutan pun jika dirawat dengan kesungguhan dan pola perawatan yang tepat maka hasilnya adalah kepuasan.

Kali ini omkicau akan mengajak anda untuk mengenali bagaimana cara mengkondisikan burung anis kembang muda hutan agar menjadi burung yang memiliki karakter dan rajin berbunyi.
Ketika berniat membeli burung anis kembang muda hutan di pasar-pasar burung ada baiknya anda sudah memiliki pengetahuan mengenai bagaimana perbedaan dari burung anis kembang jantan dan betina atau bisa juga mengajak saudara atau rekan yang sudah faham tentang hal tersebut.


Sesampainya di rumah, burung anis kembang tersebut segera di tempatkan dalam sangkar harian yang sebelumnya sudah disiapkan. Kalau menggunakan sangkar lama atau bekas pakai ada baiknya sangkar tersebut dicuci bersih untuk mencegah penyebaran dan infeksi dari parasit seperti tungau merah atau kutu.

Untuk hari pertama dan beberapa hari kedepannya burung tersebut di simpan di tempat yang tenang dan tanpa gangguan baik dari aktivitas manusia maupun hewan peliharaan seperti anjing, kucing, maupun burung kicauan yang juga anda pelihara.

Jika burung yang anda dapatkan belum mengenal makanan voernya, maka beberapa hari pertama sebaiknya burung hanya diberikan makanan berupa buah-buahan segar dan serangga saja, nanti setelah burung sudah merasa tenang dan telah beradaptasi dengan sangkar dan lingkungan barunya itu barulah anda latih burung tersebut agar mau memakan voernya. Untuk cara-cara melatih burung makan voer bisa dibaca lagi dalam tulisan sebelumnya berikut ini:

Mengkondisikan burung muda hutan

Burung anis kembang adalah burung jenis anis/punglor sebagaimana burung anis merah. Rata-rata burung jenis ini sangat menyukai suasana dinginnya pagi hari dan bermandikan cahaya ketika matahari mulai terbit. Oleh karena itu, pengembunan pada burung sejenis anis/punglor tidak bisa dilepaskan dari perawatan hariannya termasuk juga pada burung anis kembang muda hutan.
  • Keluarkan burung pada pagi-pagi hari sekali, yaitu sekitar pukul 05:00 - 05:15 pagi hari untuk tujuan pengembunan. Sebaiknya gantung sangkar burung tersebut ditempat yang langsung terkena paparan cahaya matahari untuk pertama kalinya (ketika terbit).
  • Selama pengembunan itu burung diberikan pakan tambahannya (Extra Fooding) seperti cacing tanah sebanyak 1 ekor saja, atau bisa juga hanya diberikan kroto sebanyak satu sendok teh yang disimpan dalam cepuk terpisah atau jangkrik sebanyak 2 - 3 ekor.
  • Setelah burung menikmati mandi cahaya dari matahari yang baru terbit, beberapa menit kemudian barulah burung tersebut dimandikan dalam karamba mandinya. Selama burung mandi dalam karamba mandinya, anda bisa melakukan hal lainnya yaitu membersihkan sangkar, mengganti air minum dengan yang masih segar dan bersih, mengganti makanannya terutama buah-buahananya dengan buah yang masih segar seperti pepaya dan voernya.
  • Setelah mandi burung jangan langsung dijemur dalam kondisi basah, karena cepat membuat rusak / keriting bulu-bulunya. Burung cukup di angin-anginkan saja selama beberapa menit, dan selama di angin-anginkan itu burung bisa diberikan jangkrik sebanyak 1 ekor.
  • Setelah itu jemur burung di bawah paparan cahaya matahari selama 20 - 30 menit.
  • Selanjutnya burung digantung di tempat yang teduh, sejuk, dan jauh dari gangguan terutama dari burung-burung berkarakter teritorial seperti murai batu atau kacer yang cenderung memiliki sifat mengusir burung lain yang masuk wilayah teritorialnya.
  • Selama menggantung burung anda bisa memperhatikan kenyamanan dari burung tersebut, biasanya anis kembang yang cenderung sering lompat-lompat dalam sangkarnya itu menunjukkan burung tidak merasa nyaman dengan lokasi tersebut, untuk itu anda bisa memindahkannya ke lokasi lain yang cocok.
  • Selama menggantung burung, anda bisa memperhatikan kondisi dan kenyamanan dari burung tersebut. Biasanya anis kembang yang kurang nyaman dengan penempatan lokasinya akan menunjukkan perilaku loncat-loncat dari dalam sangkar atau tenggerannya, untuk itu anda bisa memindahkannya ke lokasi lain yang cocok. Namun perlu diperhatikan, jangan terlalu sering memindah-mindahkan burung tetapi berilah waktu beberapa saat agar burung bisa beradaptasi dengan tempat gantangannya tersebut.
  • Biasanya pula ketika burung telah merasa nyaman dengan tempat tenggerannya itu maka tidak berapa lama burung itu akan menunjukkan kesenangannya dengan menampilkan suara kicauannya.
  • Siang hari hingga sore hari rata-rata akan digunakan burung untuk bersantai/beristirahat dari aktivitasnya, beberapa jenis burung biasanya menggunakan waktu tersebut untuk saling menyisir dan membersihkan bulu-bulunya, sedangkan burung lain lebih banyak menggunakan waktunya itu untuk berdiam diri ditenggeran sambil menunggu serangga yang terbang. Nah pada burung peliharaan seperti anis kembang muda hutan ini anda bisa melakukan pemasteran baik menggunakan burung masteran atau menggunakan suara rekaman burung masteran yang diputar dengan volume suara yang sedang.
  • Sekitar pukul 16:00 - 16:30 sore hari, burung kembali diberikan jangkrik sebanyak 3 ekor. Pada saat ini anda akan diberikan pilihan apakah mau memandikan burung dalam karamba mandinya atau tidak, karena dari sinilah kebiasaan burung akan mulai diterapkan apakah burung menerima mandi pada sore hari atau tidak.
  • Sebelum matahari mulai terbenam, sebaiknya manfaatkan waktu tersebut untuk menjemur burung. Karena menjemur burung pada waktu pagi hari menjelang matahari terbit dan sore hari menjelang matahari terbenam merupakan waktu yang tepat dan memiliki banyak manfaat bagi burung baik untuk kesehatan, fisik, dan juga kondisi mentalnya.
  • Setelah matahari terbenam, burung bisa dimasukkan ke dalam rumah untuk beristirahat. Pada saat ini burung anis kembang bisa dikerodong jika lampu ruangan jarang dimatikan atau tidak perlu dikerodong jika lampu ruangan selalu dimatikan, semuanya itu untuk tujuan agar burung bisa beristirahat dengan tenang tanpa melakukan aktivitas malam hari yang merugikan kesehatan dan membuang energi yang semestinya digunakan untuk pagi harinya.
  • Setiap dua - tiga hari sekali burung anis kembang tersebut bisa diberikan terapi mandi malam yang bisa dilakukan antara pukul 19:30 - 21:00 malam hari.

Hal yang paling penting dalam beberapa minggu perawatan anis kembang muda hutan adalah memberikan suasana yang nyaman dan sebisa mungkin membuat burung merasa tenang tanpa terus-terusan merasa terganggu baik oleh burung peliharaan lainnya ataupun aktivitas manusia. Nantinya setelah burung tersebut bisa beradaptasi dengan baik, maka burung tersebut cenderung akan menjadi burung yang tahan banting, dan akan berbunyi kapan dan di mana saja.

Semoga bermanfaat
Katalog Produk Omkicau

Artikel Terkait

1 comments:

Write comments