close
close


Ini alasan susu tidak baik bagi burung peliharaan

Selama ini kita sering mendengar atau melihat penggemar parrot atau burung paruh bengkok yang selalu memberikan susu setiap hari sebagai pengganti makanan dan minuman mereka. Tapi tahukah anda bahwa memberikan air susu sebagai pengganti makanan dan minuman untuk burung sangat tidak dianjurkan, bahkan cenderung merugikan kesehatan burung. Mari kita simak apa alasan susu tidak baik diberikan pada burung peliharaan. 



Di pasar-pasar burung kita sering melihat ada penjual burung yang rutin memberikan air susu pada burung nuri yang dijualnya, dan ketika ditanyakan apa alasan memberikan air susu pada burung yang dijualnya itu sebagian besar menjawab agar bulu-bulunya menjadi lebih bagus. Bahkan tidak sedikit pemilik burung paruh bengkok yang kemudian menganggap air susu sebagai makanan utama bagi burung sejenis nuri, kakatua dan sebagainya. 

Susu manis bisa dengan mudah didapatkan di warung atau supermarket dan meski susu dikenal sebagai sumber protein dan kalsium namun susu hasil produksi tersebut memiliki gula susu yang disebut laktosa. Hewan mamalia termasuk juga manusia memiliki encim pencernaan yang disebut laktase yang berfungsi untuk mencerna laktosa/gula susu. Nah pada burung parrot dan burung peliharaan lainnya mereka kekurangan laktase akibatnya burung tidak bisa mencerna produk susu yang mengandung laktosa, alhasil akan terjadi fermentasi laktosa dalam organ pencernaan yang jika melebihi dari 10 persen bisa membuat burung alami sakit diare. 

Banyak produk susu yang mengandung sedikit laktosa yang masih aman jika diberikan pada burung jenis paruh bengkok, misalnya susu yang mengandung asam amino, dan sebagainya. Meski begitu pemberian susu itu pun jangan dijadikan sebagai pakan utama yang menggantikan makanan dan minumannya. Berikan saja burung makanan yang lebih bermanfaat daripada air susu misalnya buah-buahan yang bervariasi seperti pepaya, jeruk, dan sebagainya. 

Selain itu hindari juga memberikan keju atau yoghurt yang juga merupakan produk dari susu. 

Semoga bermanfaat

Katalog Produk Omkicau

Silakan ajukan pertanyaan maupun komentar seputar tulisan di atas