close
close


Tips atasi lovebird over birahi

Over birahi bisa terjadi pada semua jenis burung peliharaan tak terkecuali burung lovebird, dan terkadang masalah over birahi ini bisa membuat repot pemiliknya terutama ketika burung tersebut sedang merawat anak-anaknya atau burung yang sedang dilombakan. 


 Masalah overbirahi biasanya terjadi ketika libido atau birahi burung mengalami peningkatan dengan cepat. Akibatnya pun bisa muncul dalam beberapa kondisi, di antaranya:
  • Burung sering mencabuti bulu-bulunya.
  • Burung yang sering terlihat mengawini tangkringannya.
  • Burung yang cenderung menjadi sangat agresif dan galak.
  • Burung yang jarang berbunyi.
Sedangkan pada burung lovebird yang sedang ditangkarkan, masalah over birahi bisa menyebabkan perilaku-perilaku burung yang diluar dugaan, seperti:
  • Burung yang sering meninggalkan anak-anaknya ketika seharusnya melakukan pelolohan.
    Sering menyerang burung pasangannya.
  • Sering mengacak-acak sarang dan kadang membuang telur atau anaknya.
  • Serta perilaku lain yang kemungkinan bisa terjadi.
Ketika burung lovebird sedang alami over birahi, maka beberapa pakan berikut ini harus disingkirkan dahulu untuk sementara waktu dalam perawatan hariannya yaitu:
  • Kangkung
  • Biji kuaci
  • Jagung muda
Makanan di atas memiliki sifat afrodisiak atau zat kimia yang bisa dengan cepat merangsang daya seksual atau istilah kicaumania bisa meningkatkan birahi burung. Pada burung yang sedang ditangkarkan, pemberian kangkung sebaiknya mulai dihentikan setelah burung mengerami telur-telurnya, karena pada awal tujuannya, pemberian kangkung ini dilakukan untuk mempercepat birahi pada burung indukan sehingga burung tersebut akan cepat melakukan perkawinannya. 

Nah kalau burung indukan sudah mau bertelur itu artinya proses perjodohan dan perkawinan sudah berjalan dengan sukses sehingga kita tidak memerlukan pakan tersebut dalam menu hariannya.

Jika selama mengeram hingga merawat anak-anaknya burung tersebut tetap diberikan pakan-pakan yang bisa merangsang birahinya, beberapa kasus yang terjadi adalah burung indukan yang meninggalkan ataupun membuang anak-anaknya, bahkan ada yang sampai dengan teganya membunuh anak-anaknya, sedangkan pada burung yang baru bertelur maka mereka tidak akan mengerami telur-telurnya itu.

Selain kangkung, dan makanan penyebab birahi lainnya, suplemen yang diracik khusus perjodohan dan penangkaran pun sebaiknya dihentikan pemberiannya ketika burung sedang mengerami telur atau merawat anak-anaknya, suplemen tersebut sangat baik diberikan hanya ketika kita hendak memulai penangkaran lovebird yang dimulai dari perjodohan hingga perkawinannya.

Sedangkan bentuk perawatan lain dalam mengatasi over birahi pada burung lovebird adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi durasi penjemuran menjadi 15 menit sehari, panas yang berlebihan juga bisa memicu kondisi over birahi pada burung lovebird, sehingga ketika burung lovebird mengalami over birahi maka jalan terbaik untuk mengurangi over birahinya itu adalah dengan mengurangi durasi jemurnya atau tidak menjemur burung sama sekali, bagi burung yang sedang ditangkarkan dan ditempatkan dalam sebuah ruangan/kamar khusus maka alternatif pengganti dari cahaya matahari adalah dengan menggunakan lampu full spektrum atau lampu uv khusus.
  • Memandikan burung juga menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan ketika burung lovebird alami over birahi. Durasi mandi bisa dibuat lebih lama, dan bisa dilakukan dengan lebih rutin lagi dari yang biasanya misalya memandikan burung lovebird setiap pagi, siang, dan sore harinya. Meski beberapa burung kicauan jenis lainnya sering diberikan mandi tambahan yaitu mandi malam untuk mengatasi over birahinya, namun pada burung lovebird hal tersebut tidak bisa begitu saja dilakukan karena sifat dan karakter burung yang berbeda. Sehingga jika burung lovebird dipaksakan untuk mandi malam dengan alasan mengurangi birahinya maka kemungkinan besar burung lovebird tersebut akan mudah sakit.
  • Mengumbar burung lovebird yang over birahi dalam kandang umbaran bisa dilakukan dan dibuat sesering mungkin dengan waktu pengumbaran yang lebih lama. Pengumbaran ini dilakukan untuk membuat burung lebih banyak bergerak dan membantu melancarakan metabolisme burung terutama ketika birahinya sedang memuncak. Jika anda tidak mempunyai kandang umbaran yang terbuat dari besi atau kawat untuk mengumbar burung lovebirdnya, maka anda bisa memanfaatkan beberapa benda-benda yang tidak terpakai di rumah untuk dijadikan sebagai kandang umbaran lovebird. 

Semoga bermanfaat
Katalog Produk Omkicau

Silakan ajukan pertanyaan maupun komentar seputar tulisan di atas