close
close


Tips memilih burung beo bakalan

Burung beo yang pintar bicara kini semakin diminati dan banyak dicari oleh penggemar pemula yang tertarik memeliharanya setelah menyaksikan sendiri bagaimana kepandaian burung ini bicara. Berikut bagaimana memilih burung beo bakalan yang mempunyai prospek bisa dilatih dan pintar bicara.

Burung beo adalah spesies burung yang termasuk dalam keluarga jalak-jalakan (Sturnidae), seperti diketahui bahwa spesies burung dalam kelompok ini baik jantan dan betina sama-sama bisa berkicau. Bahkan selama ini ada anggapan bahwa burung beo yang pintar bicara adalah burung yang berjenis kelamin jantan, padahal sebenarnya burung beo betina pun bisa juga dilatih bicara bahkan bisa dikatakan mempunyai kepandaian yang lebih dari burung jantan.

Jika diperhatikan burung beo jantan mempunyai suara kicauan yang cukup keras, namun burung ini lebih sering mengeluarkan suara siulannya yang cukup nyaring, sedangkan burung beo betina rata-rata berpenampilan lebih tenang namun mereka termasuk burung yang cukup cepat dilatih dan mampu menirukan berbagai macam suara dengan cepat. Dibandingkan burung jantan yang lebih aktif, burung betina ternyata lebih mudah berkonsentrasi terhadap suara-suara yang dilatihkan kepadanya.

Namun tentu saja semua itu tergantung dari bagaimana perawatan dan pelatihannya, karena bagaimanapun baik burung beo jantan dan betina sama-sama mempunyai kemampuan meniru suara yang didengarnya.

Lalu seperti apa kriteria burung beo bakalan yang memiliki prospek bisa dilatih dan pintar bicara? Beberapa panduan berikut mungkin bisa membantu bagaimana memilih burung beo bakalan yang bagus dan bisa menjadi burung yang terlatih dan pandai bicara.
Satu hal yang sangat menentukan dalam memilih burung beo bakalan yang benar-benar bisa dilatih adalah usia dari burung beo tersebut. Pilihlah burung beo yang masih berusia sangat muda, karena pada usia itu burung masih bisa dilatih untuk menirukan berbagai macam suara dibandingkan burung beo bakalan yang sudah berusia dewasa.
Berikut ciri-ciri dari burung beo yang masih berusia muda dan berpeluang sebagai burung beo yang pintar dan muda dilatih.
  • Burung masih memiliki gelambir/jengger yang masih pendek.
  • Memiliki bentuk kepala yang cepak dengan bulu-bulu di atas kepala yang masih jarang.
  • Iris mata yang masih berwarna gelap.
  • Mempunyai bentuk tubuh yang lebih besar.
  • Paruh yang berwarna kuning, tidak sedikit penggemar burung yang menyukai burung beo dengan paruh warna kuning karena dianggap sebagai burung yang lebih pintar dan cepat bicara dibandingkan burung beo dengan paruh yang berwarna oranye.
Selain hal di atas, di pasar-pasar burung akan ditemukan beberapa jenis burung beo yang disebut para pedagang sebagai burung beo jawa dan beo kalimantan. Dari kedua jenis burung itu, burung beo jawa atau yang lebih popular dengan beo medan ternyata lebih banyak digemari karena mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar dan dianggap lebih pintar. 

Berikut adalah video suara masteran untuk melatih burung beo bakalan: 



Semoga bermanfaat
Katalog Produk Omkicau

Silakan ajukan pertanyaan maupun komentar seputar tulisan di atas