Tips memilih burung murai batu bakalan yang berkarakter

11/30/2014
Murai batu adalah jenis burung yang paling banyak dicari oleh sebagian besar penggemar burung di Indonesia. Terdapat banyak jenis murai batu yang beredar di pasaran mulai dari jenis yang berasal dari Sumatera hingga yang berasal dari Kalimantan yang dijual dalam kondisi sudah jadi ataupun masih bakalan. Berikut tips memilih burung murai batu bakalan yang berkarakter. 





Memperhatikan mata burung 

Burung yang baik adalah burung dengan pandangan yang tajam, karena itu ketika memilih burung bakalan perhatikan kondisi matanya apakah ada bintik putih atau selalu mengeluarkan air, jika mata burung terdapat bintik putih itu artinya burung sudah terkena katarak yang bisa menyebar dan menutupi seluruh bola matanya, sedangkan jika mata berair itu menandakan burung tersebtu kurang gizi.

Memperhatikan kaki burung 

Banyak penggemar burung yang cenderung memilih burung murai batu dengan kaki yang berwarna hitam. Kaki hitam tersebut diyakini sebagai tanda bahwa burung tersebut mempunyai mental yang lebih baik.

Memperhatikan bentuk ekor 

Murai batu dikenal dengan ekornya yang panjang. Bentuk ekor yang baik adalah ekor yang rapat tapi tidak terlalu tebal. Ekor seperti itu akan sering dimainkn oleh burung ketika tampil bergaya. Burung yang memiliki ekor yang terlihat bercabang itu menandakan kondisi kesehatan burung yang kurang baik / kurang nutrisi sehingga pertumbuhan ekornya menjadi tidak sempurna dan cenderung mudah rusak. 

Memperhatikan warna bulu dada 

Umumnya burung murai batu mempunyai bulu dada berwarna coklat, namun jika ditemukan burung dengan bulu dada yang cenderung kekuningan itu menandakan bahwa burung tersebut akan cepat berbunyi atau cepat jadi.

Memperhatikan umur

Banyak orang cenderung memperhatikan bentuk dan sisik pada kaki burung untuk mengetahui berapa umurnya, namun terkadang cara tersebut tidak tepat. Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui umur burung adalah dengan membuka paruhnya dan melihat rongga mulutnya, jika rongga mulut masih berwarna putih atau sedikit cerah maka burung masih muda, sedangkan jka sudah berwarna hitam maka burung sudah dewasa.

 
Memperhatkan perilaku 

Burung yang memiliki mental yang baik adalah burung yang akan meronta-ronta ketika dipegang dan menjerit serta akan mematuki tangan orang yang memegangnya.

Itulah beberapa ciri-ciri yang bisa diperhaitkan ketika memilih burung murai batu bakalan yang diyakini memilik karakter dan mental yang baik. 

Salam kicau!

Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

loading...