Burung mampu deteksi bencana alam yang akan terjadi

12/20/2014
Sudah lama diketahui bahwa binatang memiliki firasat yang paling akurat ketika mendeteksi bencana alam yang bakal terjadi. Sebuah penelitian makin menguatkan hal tersebut.  

Para ilmuwan di Tenesse mendapati sekelompok burung pengicau Golden-winged warblers sudah memberi tanda-tanda akan terjadi angin tornado di Tennessee pada April lalu. Burung-burung tersebut melarikan diri dari sarangnya sehari sebelum topan itu melanda. 




Topan itu sendiri telah menewaskan sedikitnya 35 orang, menghancurkan ribuan rumah, mencabuti pohon dan melemparkan mobil seperti mainan saja. Sedangkan pada hari peristiwa tersebut terjadi, burung-burung kecil itu sudah berada sejauh 1.500 kilomoter jauhnya, sejauh Florida atau Kuba. 

Seperti dikutip kantor berita Reuters, Jumat (19/12), para ilmuwan mengatakan bahwa burung warbler itu selamat lantaran mengirimkan pesan bahaya dalam frekuensi yang amat rendah, dan jauh dari jangkauan yang bisa didengar oleh pendengaran manusia. 

Sementara, manusia sendiri tidak pernah bisa mengira akan ada topan besar, karena pada hari burung-burung itu melarikan diri, cuaca lokal di kawasan Pegunungan Cumberland saat itu justru normal-normal saja, tidak ada perubahan tekanan udara, suhu, atau perubahan kecepatan angin. 


"Ini mengindikasikan bahwa burung-burung kecil ini bisa mendeteksi cuaca buruk dari jarak yang jauh," tutur David Andersen, ahli biologi dari U.S. Geological Survey dan University of Minnesota, salah satu peneliti yang ikut mempublikasikan penelitian itu di jurnal Current Biology.

Andersen mengatakan, mereka menghipotesis bahwa burung-burung kecil itu mampu mendeteksi suara infrasound dari tornado yang sudah terjadi, meski jaraknya masih sangat jauh dari lokasi bencana.

Suara infrasound adalah suara yang frekuensinya di bawah frekuensi yang bisa ditangkap oleh alat pendengaran manusia. Sejumlah hewan bisa mendengar suara serendah itu. Termasuk burung-burung warbler di Tennessee.


Menurut pengamtan Henry Streby seorang ahli ekologi dari Universitas California, burung-burung kecil itu kembali ke tempatnya semula setelah badai berlalu. 

Para peneliti itu juga sudah mempelajari peta migrasi burung-burung penyanyi Tennessee. Mereka juga melacak jalur evakuasi burung memakai alat pemancar yang dipasang pada beberapa ekor burung.  

Golden-winged warblers yang berasal dari Tennesse itu memiliki berat tubuh 9 gram, dengan bentang sayap mencapai 19 cm, burung ini menghabiskan musim dingin di Amerika Tengah dan bagian selatan Amerika Selatan sebelum bermigrasi kembali ke kawasan Pegunungan Appalachian di selatan AS dan kawasan Great Lakes di AS dan kanada untuk berkembangbiak. 



Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close