Hindari predator anakan burung ini rubah dirinya mirip ulat beracun

12/18/2014
Alam memang penuh misteri, termasuk juga bagaimana perilaku hewan ketika mempertahankan hidupnya. Penelitian terbaru telah menemukan dan berhasil mendokumentasikan bagaimana burung yang baru menetas di hutan Amazon memiliki kemampuan meniru ulat beracun untuk mengusir predator. 



Penelitian yang telah diterbitkan di American Naturalist itu melibatkan tiga orang ilmuwan yaitu
Gustavo Londoño, Duvan García dan Manuel Sánchez Martínez. Dalam tulisannya mereka menggambarkan penemuan burung muda lalu mengamati perilaku mereka ketika masih berada di sarang.

Selama ini, bukanlah sesuatu yang aneh ketika ada hewan yang memiliki penampilan mirip hewan lain untuk mengalihkan diri dari serangan predator, namun hal itu sangat jarang ditemukan pada hewan dari keluarga burung. Para ilmuwan berhasil mengungkapkan bahwa anakan burung Cinereous mourner (Laniocera hypopyrra) yang memiliki bulu-bulu berwarna oranye terang ternyata memiliki kemiripan dengan spesies ulat berbulu yang beracun (Podalia ata Megalopyge), bahkan menunjukkan perilaku yang mirip ketika berada di dalam sarangnya Sedangkan burung yang sudah dewasa justru mempunyai bulu yang cenderung abu-abu. 

Burung yang sudah dewasa

Bukan itu saja, untuk mengelabui predator anakan burung itu pun mempunyai gerakan yang mirip gerakan ulat dengan meliuk-liukkan tubuhnya. Uniknya perilaku tersebut akan ditunjukkan oleh anakan burung tersebut setelah meneria sinyal dari induknya. 

Penelitian tersebut menemkan bahwa spesies ini telah berevolusi dengan kemampuannya yang unik karena rendahnya tingkat anakan burung yang hidup di wilayah Amazon pada umumnya (sekitar 20% ), selain itu waktu yang lama untuk menunggu hingga mereka bisa terbang dari sarangnya membuat mereka cukup rentan diserang oleh hewan predator.

 Berikut video yang menampilkan bagaimana anakan burung ini akan meniru dan berperilaku seperti ulat berbulu yang beracun untuk menghindar dari predator: 



Salam kicau!

Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus