Keistimewaan burung hud-hud

12/16/2014
Burung yang namanya disebut beberapa kali dalam kitab suci ini mempunyai nama lain Noble Hoopoe atau Eurasian hoopoe (Upupa epops), namun banyak orang lebih mengenalnya dengan sebutan burung hud-hud. Ternyata selain memiliki penampilan dan suara yang unik, burung ini pun memiliki cara yang cukup istimewa dalam bertahan dari serangan predator. 




Hud-hud yang mempunyai warna bulu yang indah dengan jambul khasnya ini adalah jenis burung yang ternyata memiliki keterkaitan dengan burung rangkong. Suaranya yang unik itulah yang menjadi inspirasi dari penamaannya, suara yang melengking dengan suara 'hoops" yang diulang sehingga burung ini dikenal dengan nama  Hoopoe, sedangkan dalam logat lain suara tersebut akan dikenali sebagai 'hud. . hud '

Terdapat tujuh spesies burung hud-hud yang mempunyai penyebaran secara luas di seluruh Eropa, Asia, dan Afrika Utara. 

Keistimewaan lain yang dimiliki burung ini adalah ketika mereka merasa terancam, maka mereka akan menyemprotkan kotorannya ke arah mata dari binaang yang mencoba menyerangnya dengan cara mengarahkan pantatnya ke si pengancam. Tapi jika strategi tersebut tidak berhasil, maka burung ini akan melakukan rencana ke dua yaitu menyelimuti tubuhnya dengan bau yang cukup busuk.

Bau-bauan tersebut didapatkan burung melalui kelenjar yang terdapat dekat kloakanya, kelenjar itulah yang akan menghasilkan zat yang memiliki bau yang sangat busu. Burung hud-hud kemudian akan menggosok-gosokkan zat tersebut ke bulu-bulunya yang akan menutupi seluruhnya dengan bau bak daging yang sudah busuk. Kalau sudah begitu, hewan mana yang akan mau mau makan makanan yang sudah busuk? benar-benar strategi yang istimewa .. 



Namun selain itu, zat yang berbau tesebut juga memiliki fungsi sebagai bentuk pertahanan diri dari serangan parasit, dan juga sebagai anti bakteri, serta melindunginya dari berbaga penyakit. 

Wah, benar-benar istimewa burung yang namanya sering disebut-sebut dalam kitab suci ini. 

Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus