Membuat pakan tambahan bergizi tinggi untuk burung

12/24/2014
Sebenarnya pakan tambahan yang bisa diberikan pada burung peliharaan tidak terbatas ada pemberian pakan yang biasa saja, misalnya jangkrik, ulat atau kroto. Penggemar burung di beberapa negara tetangga lebih cenderung membuat sendiri pakan tambahan dengan memanfaatkan bahan makanan yang tinggi kandungan gizinya. Selain bisa menjaga kondisi burung, pakan tersebut bisa membuat mereka tambah rajin berbunyi, seperti pakan tambahan bergizi tinggi berikut ini. 




Pakan tambahan berikut menggunakan daging sapi dan ikan sebagai sumber protein hewaninya, selain itu anda pun bisa mencampurkan pakan tambahan tersebut dengan bubuk herbal yang bermanfaat seperti bubuk sambiloto atau lainnya. 

Berikut cara membuat pakan racikan bergizi tinggi untuk burung peliharaan.

Bahan yang digunakan: 

  • Kacang hijau 
  • Daging giling (daging sapi)
  • Ikan mas segar
  • Wortel

Cara membuat: 


  1. Kacang hijau direbus terlebih dahulu hingga lunak, lalu ditiriskan dan kemudian dikeringkan. 
  2. Ikan mas segar dikeringkan dengan menggunakan oven selama beberapa menit. 
  3. Wortel direbus hingga lunak, lalu ditiriskan dan kemudian dikeringkan. 
  4. Potong wortel dalam bentuk kecil, lalu campurkan ke dalam daging giling, dan kemudian diblender hingga menjadi bubuk. 
  5. Setelah itu kacang hijau diblender hingga menjadi bubuk, begitu juga dengan ikan yang sudah dikeringkan juga diblender hingga jadi bubuk. 
  6. Campurkan semua bahan lalu aduk hingga merata, pada saat ini anda bisa mencampurkan bubuk herbal atau tepung jangkrik ke dalamnya jika diperlukan. 
  7. Setelah itu, pakan bisa dibentuk menjadi butiran voer dengan menggunakan mesin pencetak voer atau cukup dikeringkan saja. 
  8. Setelah itu pakan bisa langsung diberikan pada burung.

Pakan tambahan ini sangat cocok diberikan pada burung kecil seperti ciblek, tledekan, decu, atau burung peliharaan lainnya. 

Meski burung mengkonsumsi pakan tersebut, namun pemberian Ef seperti kroto, jangkrik, sebaiknya tidak dihilangkan karena bisa berguna untuk menambah variasi pakan hariannya.

Semoga manfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close