close
close


Perawatan prenjak agar cepet gacor

Prenjak adalah burung kecil dengan suara lantang namun kurang bervariasi, meski begitu banyak penggemar burung yang tertarik untuk memeliharanya. Burung ini termasuk sangat aktif sehingga dalam perawatannya harus mendapatkan pakan yang tepat. Berikut perawatan prenjak agar cepat gacor.




Prenjak merupakan burung yang sangat aktif, mereka sering terlihat mencari makan dengan menyusuri semak atau pepohonan yang terdapat di pinggiran sungai, tepian hutan, perkebunan, atau di pekarangan rumah. Terkadang mereka juga akan mengikuti arah suara dari burung prenjak jantan atau betina lain yang sedang berkicau.

Untuk mendukung aktivitasnya itu, burung prenjak akan mencari makanannya yang berupa serangga yang sangat bervariasi seperti ulat, laba-laba kecil, kumbang, belalang, dan sebagainya. Pakan serangga yang bervariasi tersebut sangat dibutuhkan sebagai sumber gizi yang bisa memberikan tambahan energi baik untuk beraktivitas maupun berkicau.

Ketika prenjak tersebut di pelihara dalam sangkar harian, maka perawatan yang diterapkan biasanya mengacu pada bentuk perawatan yang sangat umum, misalnya memberikan voer dengan pakan tambahan berupa kroto, ulat hongkong, dan jangkrik. 


Bagi burung seaktif prenjak, kurangnya pemberian pakan tambahannya itu tentu akan memberi pengaruh terhadap penampilannya. Burung menjadi kurang bersemangat lantaran tidak memiliki energi yang cukup untuk beraktifitas, macet bunyi, dan rentan sakit. Meski di beberapa daerah burung ini dihargai dengan harga yang cukup murah namun perawatannya justru bisa menjadi lebih mahal kalau anda ingin burung ini tetap aktif dan rajin bunyi.

Merawat burung prenjak sebaiknya tidak disamakan dengan perawatan jenis burung lain yang biasa dilombakan. Umumnya birahi burung-burung tersebut sengaja dibuat lebih stabil dengan mengkondisikan pakan tambahannya agar pada saat bertanding mereka bisa tampil maksimal. Tetapi sebaliknya dalam perawatan burung prenjak ini mereka justru harus selalu dibuat birahi agar mau mengeluarkan suaranya dengan lantang dan mau menyahuti suara burung prenjak lain baik yang diputar melalui perangkat elektronika maupun suara dari burung prenjak liar.

Perawatan standar agar prenjak cepat gacor adalah sebagai berikut :
  • Voer yang akan diberikan pada burung sebaiknya yang memiliki kandungan gizi yang lengkap. Voer racikan ini sudah banyak dijual di pasaran dengan berbagai merek. Untuk menambah kandungan proteinnya anda bisa mencampurkan tepung jangkrik atau tepung daging ke dalam voer tersebut.
  • Memberikan ulat kandang sebanyak satu cepuk kecil setiap pagi, atau bisa diganti dengan kroto sebanyak setengah cepuk yang diberikan setiap pagi dan sore hari.
  • Jangkrik kecil diberikan sebanyak 1 ekor setiap dua jam sekali, jadi setiap hari mereka akan mengkonsumsi jangkrik sebanyak enam ekor.
  • Jika ada, belalang hijau bisa diberikan sebagai selingan saja karena pemberian belalang hijau bisa membuat burung cepat jinak atau mempercepat proses penjinakkan jika burung tersebut masih giras/liar.
  • Penjemuran sebaiknya dilakukan tidak lebih dari satu jam, penjemuran yang baik biasanya hanya berlangsung sekitar 30 menit saja, setelah itu burung kebali disimpan di tempat yang teduh. Penjemuran bisa dilakukan dua kali sehari yaitu pada waktu pagi dan sore hari.
  • Agar prenjak tersebut menjadi lebih rajin berbunyi, anda bisa mencari burung betina yang bisa memancing burung untuk saling sahut-sahutan.
  • Pada sore harinya atau sekitar pukul 17:0o  burung dimasukkan ke dalam rumah untuk beristirahat hingga pagi harinya.
Jika burung tetap tidak mau berbunyi setelah diberikan perawatan di atas, ada kemungkinan burung masih kurang mendapat asupan gizi dari pakan yang ditawarkan itu sehingga alternatif lain bisa dilakukan yaitu memberikan multivitamin tambahan guna memenuhi kebutuhannya.

Itulah beberapa hal penting mengenai bagaimana perawatan prenjak agar cepet gacor..

Semoga bermanfaat
Katalog Produk Omkicau

Silakan ajukan pertanyaan maupun komentar seputar tulisan di atas