Perilaku mengerikan si burung imut great tit

12/25/2014
Penampilan Great tit (Parus major) tidak jauh berbeda dengan burung gelatik batu yang kita kenal, tapi jangan terkecoh dengan penampilannya yang imut itu, karena sebenarnya Great tit memiliki sifat yang sangat kejam. Beberapa ilmuwan bahkan menjuluki mereka sebagai Zombie tit, Ya! Zombie, lantaran sifat mereka yang bisa menjadi mesin pembunuh yang kadang hobi memakan otak ketika lapar. 



Meski bertubuh kecil, namun great tit seringkali mencari burung kecil lain atau kelelawar sebagai santapannya, dan sadisnya mereka akan memecah kepala korbannya agar bisa memakan otaknya. 


Great tit merupakan jenis burung yang bisa ditemukan di sebagian Asia dan utara Afrika, makanan utama mereka sebenarnya adala serangga kecil dan biji-bijian, tapi 90 persen diet mereka adalah tumbuh-tumbuhan. Tapi ternyata, burung ini seolah mempunyai 'kepribadian ganda' karena mereka seringkali mencari burung kecil atau kelelawat untuk dijadikan sebagai santapannya, dan sadisnya lagi mereka akan memecah kepala korbannya agar bisa memakan otaknya. Mirip seperti zombie yang biasa kita lihat dalam film-film sains fiksi.



Kekuatan burung gelatik ini terletak pada paruhnya yang meski berukuran kecil namun cukup kuat untuk memecahkan kulit kenari, kacang, dan bji-bijian lainnya. Bukan itu saja, spesies ini pun terkenal cukup agresif, mereka akan menyerang tempat penyimpanan makanan yang dibuat oleh burung sejenisnya dan terkadang mereka akan berperilaku sebagai pemakan bangkai. 


Dengan paruhnya yang kuat itu, mereka memiliki naluri pembunuh. Hal tersebut diperkuat oleh beberapa laporan ilmiah yang menyebutkan bahwa ketika ada kesempatan, Great tit tidak akan ragu memanfaatkan paruhnya yang kuat untuk membunuh burung kecil lainnya. 


Dalam sebuah foto yang cukup mengerikan yang beberapa waktu lalu beredar secara online, tampak lebih dari sepuluh burung redpolls mati dengan tengkorak kepala yang pecah yang diduga merupakan korban pembantaian dari Great tit.  



"The Great Tit akan menyerang burung kecil dan lemah, membelah tengkorak mereka dengan paruhnya yang kuat untuk menyantap otak mereka. Dan bahkan juga menghabisi kelelawar untuk tujuan sama," kata ahli burung Howard Saunders dalam sebuah tulisannya pada tahun 1899.


Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 silam mengamati pembunuhan kelelawar oleh Great tit. Menurut penelitian tersebut, burung gelatik ini ternyata terkadang keluar masuk gua mencari kelelawar untuk membunuhnya lalu memakan otaknya. 


Video berikut menampilkan gambaran sisi lain dari perilaku burung gelatik ini.
 

Peringatan: Video berikut berisi adegan kekerasan, menjijikan, dan pertumpahan darah. 




 

Salam .. 
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close