Tips alami usir dan cegah parasit dalam sangkar

12/17/2014
Masalah kutu, tungau, dan parasit adalah masalah utama yang bisa menyerang burung maupun sangkar yang digunakannya. Jika anda belum menggunakan desinfektan seperti FreshAves untuk membasmi mereka, maka tips alami berikut bisa membantu mengusir dan mencegah parasit atau bermukim dalam sangkar maupun kandang ternaknya. 





Memanfaatkan garam 

Garam selain berfungsi sebagai penyedap rasa masakan, ternyata memiliki fungsi lain yaitu membasmi tungau dan kutu secara perlahan. Sebarkan garam yang sangat halus (bukan garam kasar) di lantai sangkar terutama di setiap celah di mana sering menjadi tempat bermukimnya tungau atau kutu. 

Garam akan berfungsi sebagai pengering, ia akan menyerap kelembaban dari benda lalu mengeringkannya. Pada waktu kristal-kristal garam menempelkan dirinya pada tungau atau kutu, maka ia akan melekatkan diri dengannya yang menyebabkan kutu akan menggesek-gesekkan badannya, dan hasilnya kutu akan kehabisan darah lalu mati.  

Memanfaatkan daun ekaliptus atau kayu cedar

Tebarkan beberapa daun ekaliptus atau potongan kayu cedar di lantai dan pojokan kandang yang digunakan untuk beternak burung, bisa juga menyimpan beberapa dekat sarangnya. Aroma dari kayu cedar dan daun ekaliptus sangat dibenci oleh kutu, sehingga mereka tidak mau menghampiri atau bermukim di tempat tersebut.

Semoga manfaat



Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close