Tips mengatasi cendet yang jarang bunyi

12/18/2014
Memelihara burung yang tidak mau mengeluarkan suara kicauannya dengan kencang tentu bisa membuat galau pemiliknya. Hal tersebut paling sering menimpa burung cendet baik yang masih muda maupun dewasa. Untuk mengatasi cendet yang jarang bunyi, beberapa tips berikut bisa anda terapkan untuk burung kesayangan anda itu. 




Ada banyak hal yang bisa menyebabkan cendet jarang berbunyi, di antaranya yang umum adalah burung yang terlalu manja dan burung yang terlalu giras/ ketakutan. Untuk dua hal tersebut, tentu diperlukan tindakan lebih lanjut guna mengatasinya. 

Di luar dua hal tersebut, beberapa penyebab lain yang umum adalah: 
  1. Burung yang kurang fit 
  2. Burung yang kurang birahi 
Untuk masalah tersebut penanganannya bisa dengan cara: 

Burung yang kurang fit 

Jika cendet selalu mengembangkan bulu-bulunya dan jarang berbunyi, itu artinya mereka sedang dalam keadaan kurang fit. Biasanya hal itu terjadi akibat burung yang sering digantung di tempat yang bersuhu lembab, penjemuran yang kurang, dan burung kekurangan vitamin.

Untuk mengatasinya simpan burung ditempat yang sejuk dan kering, jenur burung secara rutin yang bisa dilakukan selama 1 - 2 jam, berikan tambahan vitamin untuk mendukung aktivitas hariannya. 

Burung yang kurang birahi 

Masalah birahi tampaknya merupakan masalah paling umum yang terjadi pada burung peliharaan yang malas berbunyi. Untuk mengatasinya yang diperlukan adalah perubahan dalam pola perawatan hariannya, termasuk merubah jatah pakan tambahan yang biasa diberikan pada burung tersebut. 

Beberapa hal berikut bisa membantu mengatasi cendet yang kurang birahi: 
  • Berikan mandi malam secara rutin, selama 2 - 3 kali seminggu.
  • Setelah itu berikan jangkrik atau ulat hongkong sebanyak 3 ekor.
  • Pengembunan bisa dilakukan untuk memancing burung berbunyi.
  • Setiap hari burung diberikan pakan tambahan yang lebih banyak dari biasanya, misalnya jangkrik sebanyak 8 - 10 ekor, ulat hongkong 5 ekor, kroto 1 cepuk, dan sebagainya. Hal itu untuk menaikkan birahi mereka dengan cepat. 
  • Untuk mengkondisikan burung, anda bisa melakukan terapi unthulan dengan memasukkan burung kecil seperti emprit peking ke dalam sangkarnya. Hal itu diyakini bisa membantu membangkitkan mental burung yang ngedrop, jika masalah jarang bunyi itu disebabkan oleh burung yang stress atau ngedrop. 

Dengan melakukan perawatan di atas secara rutin, dalam waktu yang tidak terlalu lama burung akan menunjukkan penampilannya dengan maksimal.  

Salam kicau


 
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close