TIps menjaga kondisi cendet agar tidak mudah "kendor'

12/28/2014
Memelihara burung sejenis cendet terkadang butuh perawatan ekstra mengingat sifat cendet termasuk yang mudah berubah. Meski termasuk jenis predator namun cendet yang dipelihara sudah cukup lama, terutama yang sudah sangat jinak sering menunjukkan perilaku malas-malasan atau selalu lesu dan tidak bersemangat. Hal tersebut tentu akan mengurangi penampilan burung baik dalam kesehariannya maupun ketika dilombakan. Untuk itu tips berikut bisa membantu membangkitkan kondisi cendet yang mulai kendor. 




Perawatan yang rutin dengan perlakuan yang sama setiap hari terkadang membuat sebagian pemilik burung merasa cepat bosan dengan aktivitas hariannya tersebut. Mereka pun mulai merubah cara perawatan atau bahkan meninggalkan pola perawatan yang biasa diberikan, dan secara tidak langsung hal tersebut sebenarnya bisa merubah karakter dari burung tersebut.  Tidak sedikit burung yang kemudian menjadi macet bunyi, malas-malasan dengan stamina dan mental yang terus menurun.

Tips berikut akan membantu anda dalam mengatasi masalah cendet yang mulai kendor, baik dari segi mental maupun aktivitas hariannya. 


Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan cendet adalah: 


1. Menjaga stamina 


Menjaga stamina burung bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, termasuk di antaranya adalah memberikan pakan tinggi nutrisi, air minum yang bersumber dari air matang yang bersih atau air mineral, mandi dan jemur. Selain hal di atas, anda bisa memberikan tambahan multivitamin pada burung cendet anda, misalnya dengan memberikan BirdVit setiap dua - tiga kali seminggu. 


2. Menstabilkan birahi 


Cendet termasuk jenis burung yang sangat aktif, dan untuk mendukung keaktifannya itu mereka harus mendapatkan asupan pakan yang tinggi gizi, terutama protein. Karena itulah dalam perawatan hariannya agar cendet tidak mudah "kendor", maka pemberian pakan tambahan seperti serangga (jangkrik, UH, Kroto) harus diberikan dalam jumlah yang lebih banyak terutama untuk burung yang masih dalam kondisi masih muda atau bakalan. Dan untuk menjaga birahi mereka tetap stabil meski mendapatkan asupan EF yang tinggi, cendet tersebut bisa diberikan terapi mandi malam setiap dua - tiga kali seminggu. 


3. Menjaga mental 


Dalam kehidupannya di habitat alaminya, cendet adalah jenis burung yang sangat agresif bahkan dikenal juga sebagai burung predator. Selain memangsa serangga seperti kumbang atau belalang, cendet sering terlihat mengejar burung-burung kecil untuk dijadikan santapannya, bahkan termasuk juga hewan-hewan bertulang belakang lain seperti tikus, katak bahkan berbagai jenis reptil. 




Dalam perawatannya, untuk menjaga mental dan karakter cendet tersebut, maka sebaiknya burung tersebut jangan terlalu sering dimanjakan. Sesekali bangkitkan naluri predator mereka dengan menyediakan hewan - hewan kecil atau bahkan burung kecil ke dalam sangkar hariannya. 


4. Mengkondisikan cendet


Satu hal terakhir ini yang kadang cukup sulit dilakukan, yaitu mengkondisikan agar cendet selalu berada dalam kondisi siap tempur terutama ketika hendak diajak bertanding dalam sebuah perlombaan. Karena itulah satu point penting dalam mengkondisikan burung adalah dengan mengenali karakter dari burung tersebut, sehingga dengan begitu anda bisa menemukan setingan yang pas sampai burung siap dilombakan. 


Untuk mengenali karakter burung, anda bisa melakukan "trial and error" dengan cara mencari setingan yang tepat bagi burung anda, untuk itu anda bisa mengikuti beberapa saran-sarang dari sesama penggemar cendet mengenai perawatan sebelum dilombakan atau mengkombinasikan beberapa teori perawatan yang anda ketahui. 

Semoga manaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close