Tips merawat lovebird agar selalu aktif dan tidak mudah loyo

12/22/2014
Perawatan seperti apa yang bisa membuat lovebird selalu aktif dengan stamina yang tidak mudah loyo? Ternyata rahasianya ada pada pakan sayurannya terutama jagung manis dan biji berkecambah. Pakan tersebut juga yang menjadi andalan para lovebird mania yang selama ini melombakan burung kesayangannya itu. 




Lovebird sangat menyukai pakan jagung yang baru dipetik, karena selain rasanya yang manis juga kondisinya yang masih segar. Karena itu ketika membeli jagung di pasaran pastikan dalam kondisi masih segar karena terkadang kita sering mendapati jagung yang sudah beberapa hari dan dalam kondisi tidak segar sehingga berkurang kemanisannya. 

Namun selain dari pakan jagung manis tersebut, pola perawatan yang bisa diterapkan adalah setiap pagi hari yaitu pukul 07:00 WIB burung diangin-anginkan selama satu jam untuk menyesuaikan dengan kondisi suhu pada hari itu, setelah itu sekitar pukul 08:00 burung dimandikan dan kemudian dijemur. 

Penjemuran bisa dilakukan dalam durasi yang cukup lama, misalnya selama 3 - 4 jam untuk tujuan menguatkan stamina dan melatih fisiknya sehingga burung selalu dalam kondisi langsing, tidak mudah gemuk, dan mudah terpancing untuk berbunyi (latah/birahi).  

Setelah penjemuran, burung diangin-anginkan di tempat sejuk dan setelah itu baru diberikan kerodong dan dibiarkan beristirahat. Pada waktu itu burung bisa diberikan pakan sayur-sayurannya, terutama biji berkecambah. 

Salam sukses!
 
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close