Anis bentet sangihe, burung asli Indonesia yang terancam punah

1/20/2015
Anis bentet sangihe atau Sangihe shrike-thrush (Colluricincla sanghirensis) adalah jenis burung yang merupakan endemik Pulau Sangihe di Sulawesi Utara.  Burung bertubuh kecil ini termasuk dalam keluarga Colluricinclidae, dan hanya ditemukan di sekitar Gunung Sahendaruman.  

Anis bentet sangihe



Habitat


Anis bentet sangihe umumnya ditemukan sendirian atau terkadang bersama kelompok-kelompok kecil burung penghuni hutan di sekitar Gunung Sahendaruman dan Gunung Awu. Gunung Sahendaruman sendiri merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif yang terletak di pulau yang memiliki luas 58.200 hektar.  




Gunung ini merupakan satu-satunya kawasan berhutan primer yang ada di Pulau Sangihe. Meskipun luas hutannya hanya sekitar 500 hektar, namun Sahendaruman menjadi rumah bagi delapan jenis burung yang merupakan endemik Sangihe, yang empat jenis di antaranya dalam kondisi terancam punah dengan status Kritis dan satu jenis berstatus Genting.


Dari keempat jenis tersebut, anis bentet sangihe memiliki status terancam punah, sedangkan 3 spesies lain yaitu eriwang sangihe (Eutrichomyias rowleyi), kacamata sangihe (Zosterops nehrkorni) dan udang-merah sangihe (Ceyx sangirensis). Sedangkan untuk spesies burung yang berada dalam status Genting adalah burung-madu sangihe (Aethopyga duyvenbodei).


 
Anis bentet sangihe mempunyai tubuh berukuran kecil yaitu sekitar 17 cm, tubuh bagian atas berwarna coklat zaitun dengan warna coklat tua pada bagian bahu dan bawah punggungnya, sedangkan tubuh bagian bawah berwarna coklat pucat yang membias kekaratan pada bagian perutnya.  

Untuk saat ini, populasi anis bentet sangihe masih diperkirakan terdapat kurang dari 100 individu burung, mengingat kecilnya habitat mereka. Untuk melindungi populasi mereka yang terus berkurang, pada bulan Januari 1999, burung anis bentet sangihe mulai ditetapkan sebagai burung dilindungi, sesuai dengan Peraturan Pemerintah no.7 Tahun 1999. 


Suara anis bentet sangihe



Download mp3 format | wav format

Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close