Cara jitu merawat cendet mabung

1/22/2015
Mabung biasa terjadi pada semua jenis burung dan unggas, tak terkecuali cendet. Pada masa pergantian bulu tersebut karakternya mudah sekali berubah. Karena itulah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan yang berkaitan dengan karakter dan penampilan burung. Maka masa mabung pada burung cendet harus sangat diperhatikan, yaitu dengan memberikan perawatan mabung yang tepat sesuai karakter. 

merawat cendet mabung, cendet mabung tidak tuntas, cendet cepat mabung


Perawatan mabung pada masing-masing jenis burung secara umum mempunyai kesamaan dalam bentuk perawatannya, namun dalam penanganannya tentu berbeda. Karena setiap jenis burung mempunyai karakter masing-masing. 

Berikut cara jitu merawat cendet mabung.

Setelah bulu-bulu halus mulai berjatuhan, dan penampilan burung mulai menurun. Saat itulah cendet sebaiknya diistirahatkan dari segala aktivitasnya, termasuk berhenti dilombakan.

Saat mabung adalah waktu yang tepat untuk menghentikan seluruh aktivitas burung, termasuk berkicau dan bertemu burung sejenis terutama untuk jenis burung yang bersifat fighter (teritorial). 

Pada saat ini, akan lebih baik jika anda meluangkan waktu untuk memberikan pakan tinggi nutrisi dan melengkapinya dengan suplemen dan vitamin yang dibutuhkan. 

Untuk uraian perawatan mabung pada burung cendet bisa anda simak, berikut ini: 
  • Selama bulu belum sepenuhnya berjatuhan, sebaiknya pemberian mandi bagi burung tersebut dikurangi atau dihentikan untuk sementara waktu. 
  • Jika diperlukan untuk menjemur burung, maka lakukan penjemuran dalam waktu yang singkat yaitu dibawah 45 menit, dan harus dilakukan pada pagi-pagi hari sekali sebelum matahari benar-benar terasa terik, karena panas terik dari matahari bisa membuat kulit burung mudah kering dan mengganggu proses mabungnya terutama bulu yang akan jatuh atau hendak tumbuh. 
  • Selama burung beristirahat, jagalah kebersihan sangkarnya. Burung yang sedang mabung mempunyai kondisi yang lemah, sehingga rentan terkena penyakit yang bersumber dari parasit / bakteri. 
  • Selama bulu burung masih berjatuhan, sebaiknya pemberian pakan dalam bentuk extra fooding (EF) seperti serangga, dikurangi atau dihentikan sama sekali. Selama itu, burung bisa diberikan pakan berupa voer tinggi protein, misalnya voer ayam atau lele. Nanti setelah bulu-bulu baru mulai muncul, barulah pakan EF kembali diberikan dalam jumlah yang cukup banyak. 
  • Berikan vitamin atau suplemen untuk membantu burung mengatasi masa mabungnya dengan sempurna, dan proses rontok bulu dan pertumbuhannya bisa berjalan dengan lancar dan cepat. Vitamin yang direkomendasikan untuk menemani burung cendet yang sedang mabung adalah BirdVit dan BirdMolt Pre (BMP) produksi omkicau
  • Jika seluruh bulu telah jatuh, dan burung dalam kondisi istirahat total untuk meneruskan tahap berikutnya yaitu menumbuhkan bulu-bulu baru, saat itu anda bisa memberikan pemasteran dengan beberapa macam suara kicauan. Putarkan audio masterannya dengan volume suara yang tidak terlalu keras, karena bisa membuat mereka cepat ngedrop dan tidak berkonsentrasi terhadap suara masterannya. 

Bagian terpenting dalam perawatan cendet yang mabung adalah untuk tidak sekali-kali melombakan mereka ketika proses mabung belum sepenuhnya selesai. Karena hal tersebut justru akan merusak karakter dan penampilan burung untuk waktu yang cukup lama. 

Semoga bermanfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close