Cotoh perawatan dan setelan murai batu lomba

1/29/2015
Setelan agar burung murai batu tambah garang ketika dilombakan memang bisa bermacam-macam cara tergantung bagaimana kebiasaan dari pemiliknya. Sebagian besar kicaumania memang masih tetap melakukan pola perawatan yang standar dalam perawatan hariannya, namun ketika hendak dilombakan, terjadi perubahan dalam pola perawatan hariannya terutama untuk beberapa hari sebelum lomba. 

Setelan agar burung murai batu tambah garang ketika dilombakan memang bisa bermacam-macam cara tergantung bagaimana kebiasaan dari pemiliknya. Sebagian besar kicaumania memang masih tetap melakukan pola perawatan yang standar dalam perawatan hariannya, namun ketika hendak dilombakan, terjadi perubahan dalam pola perawatan hariannya terutama untuk beberapa hari sebelum lomba.  Berikut adalah setelan standar dalam perawatan murai batu untuk lomba  Perawatan harian  Burung rutin diembunkan atau dikeluarkan pada pagi-pagi hari sekali sebelum matahari terbit.  Kroto diberikan sebanyak 1 sendok teh, rutin setiap pagi hari. Jangkrik diberikan sebanyak 5 ekor pada pagi hari, dan sore hari 10 ekor. Mandi hanya diberikan satu - dua kali seminggu.   Perawatan jelang lomba  Satu hari jelang lomba, jangkrik diberikan sebanyak 25 ekor secara bertahap, dan kroto 1 sendok. Pada malam harinya, ulat hongkong di berikan sebanyak 10 ekor. Selama itu burung disendirikan dan dijauhkan dari suara kicauan burung murai batu lainnya. Sebelum berangkat ke lomba  Pada pagi harinya jangkrik diberikan sebanyak 5 ekor.  Sesampainya di lapangan berikan ulat hongkong seanyak 10 ekor, dan yang penting adalah menjauhkan dari suara kicauan burung sejenis selama berada di tempat lomba sebelum burung siap untuk digantang.  Itulah salah satu pola perawatan dari salah seorang kicaumania yang selalu berhasil membuat burungnya menjadi jawara di setiap perlombaan. Semoga bermanfaat



Berikut adalah salah satu contoh setelan standar dalam perawatan murai batu untuk lomba .


Perawatan harian

  • Burung rutin diembunkan atau dikeluarkan pada pagi-pagi hari sekali sebelum matahari terbit.
  • Kroto diberikan sebanyak 1 sendok teh, rutin setiap pagi hari.
  • Jangkrik diberikan sebanyak 5 ekor pada pagi hari, dan sore hari 10 ekor.
  • Mandi hanya diberikan satu - dua kali seminggu.

Perawatan jelang lomba

  • Satu hari jelang lomba, jangkrik diberikan sebanyak 25 ekor secara bertahap, dan kroto 1 sendok.
  • Pada malam harinya, ulat hongkong di berikan sebanyak 10 ekor.
  • Selama itu burung disendirikan dan dijauhkan dari suara kicauan burung murai batu lainnya.
Sebelum berangkat ke lomba
  • Pada pagi harinya jangkrik diberikan sebanyak 5 ekor.
  • Sesampainya di lapangan berikan ulat hongkong seanyak 10 ekor, dan yang penting adalah menjauhkan dari suara kicauan burung sejenis selama berada di tempat lomba sebelum burung siap untuk digantang.
Itulah salah satu pola perawatan dari salah seorang kicaumania yang selalu berhasil membuat burungnya menjadi jawara di setiap perlombaan. Namun pola perawatan tersebut mungkin saja berbeda hasilnya jika diterapkan pada burung peliharaan anda, namun di sinilah seni memelihara dan merawat burung murai batu, karena dengan menerapkan dan melakukan sedikit perubahan secara bertahap akan ditemukan karakter burung yang sesungguhnya.

Semoga bermanfaat
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait