Great tit betina ternyata lebih lihai mencuri daripada jantan

1/07/2015
Jika tak punya makanan untuk dimakan, lalu kenapa tidak mencuri persedian makanan milik yang lain? Trik licik tersebut tentu tidak akan pernah anda lakukan, namun bagi burung kecil sejenis Great tit, tindakan 'kriminal' itu harus dilakukan jika ingin bertahan hidup.

Sebuah penelitian terbaru mengenai perilaku burung baru-baru ini menemukan bahwa burung great tit betina ternyata sering merampok persediaan makanan milik burung jantan. Perilaku tersebut menunjukkan kemungkinan burung great tit betina untuk mengimbangi dominasi burung jantan.




Great tit adalah jenis burung yang termasuk dalam keluarga Paridae. Semua jenis burung dari keluarga ini mempunyai perilaku yang sama. Namun, jenis marsh tit mempunyai kebiasaan menyimpan makanan sebagai persediaan makanan mereka. 

Tapi jenis great tit justru berbeda, mereka lebih senang mengintip dimana burung-burung marsh tit itu akan menyimpan makanannya, dan kemudian mencurinya dari mereka.

Penelitian yang telah diterbitkan di jurnal Behavioral Ecology and Sociobiology menemukan bahwa ternyata burung great tit betina lebih memiliki kesempatan mendapatkan makanan yang lebih besar daripada burung jantan. Bahkan burung betina ternyata memiliki ingatan yang cukup kuat mengenai dimana lokasi makanan tersebut disembunyikan daripada burung jantan.

Ketka tidak ada burung jantan di sekitarnya, maka burung great tit betina akan segera mengambil makanan yang sebelumnya telah disimpan, dan diketahui pula bahwa burung betina ternyata sanggup mengingat lokasi makanan selama 24 jam.

Perilaku burung betina tersebut ternyata cukup mengejutkan para peneliti, termasuk Anders Brodin dari Lund University di Swedia yang adalah penulis utama dari study tersebut.
 

"Hal ini merupakan sebuah perbedaan gender yang cukup langka, dan bahwa burung betina ternyata mempunyai keuntungan yang tidak biasa. " katanya.
 

"Jantan, yang karena mereka lebih dominan dan memiliki akses lebih ke makanan, bahkan bisa selalu yang pertama sampai di sana, sehingga akan sangat baik bagi betina ketika mereka melihat lokasi penyimpanan makanannya, dan mereka bisa menghafal tempat dan akan kembali lagi nanti," tambah Brodin.
 


Untuk penelitian ini, Brodin dan rekan-rekannya menangkap 16 ekor burung great tit,  dengan jenis kelamin jantan dan betina, dan menyimpannya dalam ruangan khusus di laboratorium mereka.
 

Burung-burung itu kemudian ditempatkan dalam kandang individu dimana mereka bisa mengamati perilaku 12 ekor burung marsh tit yang sedang menyimpan persediaan makanannya di sebuah kandang buatan yang dilengkapi dengan sepuluh buah pohon buatan yang telah dilubangi untuk digunakan sebagai tempat menyembunyikan makanan mereka.
 

Masing-masing lubang tersebut dibuat semirip mungkin, untuk meneliti sejauh mana ingatan burung untuk mengingat lokasi tepat penyimpanan tersebut.
 

Hasilnya adalah bahwa burung great tit betina ternyata tidak hanya lebih baik dari burung jantan, tetapi mereka juga bisa langsung menemukan makanan yang telah disembunyikan oleh burung mars tit.
 

"Hal itu cukup luar biasa," kata Brodin.
 

Namun, di alam liar, tak terdeteksi adalah kuni. Jika marsh tit menyadari bahwa great tit telah mengamatinya, maka mereka akan segera pindah tempat dan mencari lokasi lain untuk menyembunyikan makanannya. 


Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close