Inilah spesies burung baru yang ditemukan sepanjang tahun 2014

1/04/2015
Sepanjang tahun 2014 yang lalu, beberapa spesies burung baru, ditemukan di beberapa negara mulai dari Brazil hingga Indonesia. Berikut beberapa jenis burung baru yang ditemukan sepanjang tahun 2014. 

1. Cryptic treehunter (Cichlocolaptes mazarbarnetti) dari Brazil. 




Cryptic treehunter adalah jenis burung yang termasuk dalam kelompok burung Amerika Selatan dari keluarga Furnariidae (ovenbirds). Burung ini memiliki ukuran panjang 22 cm yang menurut para ornitolog dunia merupakan salah satu jenis burung paling langka di dunia.

Keberadaan spesies burung ini pun hanya diketahui daru dua lokasi di timur laut Brazil, yaitu di Murici yang berada di negara bagian Alagoas dan Frei Caneca di negara bagian Pernambuco. 


2. Sulawesi streaked flycatcher (Muscicapa sodhii) dari  Indonesia



Sulawesi streaked flycathcer termasuk jenis burung dari kelompok Muscicapa, satu genus dari keluarga burung sikatan yaitu Muscicapidae. Spesies ini memiliki rentang sayap 6,4 cm, dan panjang ekor 4,5 cm dengan bobot tubuh 12,5 g.


Jenis burung baru ini ditemukan di dataran rendah dan hutan sekunder di sekitar Pulau Sulawesi. 


3. Bahian mouse-colored tapaculo (Scytalopus gonzagai) dari  Brazil



Bahian mouse-colored tapaculo mempunyai ukuran panjang 12 cm, dengan berat tubuh sekitar 15 g. Spesies burung ini termasuk kelompok Scytalopus, salah satu genus dari keluarga Rhinocryptidae. Jenis burung ini cukup sulit ditemukan, dan menyukai daerah yang gelap tanpa sinar matahari dengan kelembaban dan tumbuhan berdaun rindang. 


4. Wakatobi flowerpecker (Dicaeum kuehni) dari Indonesia



Wakatobi flowerpecker atau burung cabai wakatobi termasuk dalam kelompok DIcaeum, salah satu genus dari keluarga Dicaeidae. Spesies ini termasuk jenis burung pengicau yang berukuran kecil, yaitu hanya 12 cm dengan bobot tubuh hanya mencapai 7 g. Burung ini merupakan endemik Pulau Wakatobi di Indonesia.


5. Elachuridae, salah satu keluarga burung baru dari Asia. 





Elachuridae hanya memiliki satu spesies saja, yaitu Spotted wren-babbler (Elachura formosa). Spesies burung yang berukuran kecil ini ditemukan di wilayah China, Nepal, India, Bangladesh, Bhutan, Laos, Myanmar, dan Vietnam.


Ukuran panjangnya sekitar 10 cm, dan mempunyai bentuk ekor yang sangat pendek. Tubuh bagian atas berwarna coklat, sedangkan bagian bawah berwarna putih pucat dengan sayap merah karat dan terdapat bercak putih yang menyelimuti seluruh bulu-bulu tubuhnya.
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close